Grand Final Bujang dan Dayang Beltim (kik)

by -

//Malam ini, 24 Finalis Unjuk Kebolehan

foto A. finalis Buday Beltim bw

Finalis Bujang dan Dayang Beltim saat mengunjungi Hotel Billiton dan bertemu dengan tokoh pariwisata dan perhotelan di Belitong.

MANGGAR – Sebanyak 24 orang Bujang dan Dayang Belitung Timur (Beltim) tahun 2015 akan menampilkan kebolehan di malam Grand Final Pemilihan Bujang Dayang (Buday) Beltim 2015, Sabtu (8/8) malam ini, di Pantai Nyiur Melambai Desa Lalang Kecamatan Manggar.
Selain akan berlenggang lenggok di atas catwalk, para finalis perwakilan dari berbagai IKPB dan kecamatan di Kabupaten Beltim ini akan menampilkan tarian Zapin Melayu, unjuk suara serta kemampuan dalam membuat karya tulis.
Koordinator Pemilihan Bujang Dayang Beltim 2015, Peranciscus Aryanto mengungkapkan tahun 2015 ini ajang mekanisme pemilihan banyak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan karena Kabupaten Beltim mengejar predikat Duta Wisata Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung. Tahun ini, panitia hanya akan memilih dua pasang Bujang dan Dayang, yakni Bujang dan Dayang Utama serta Bujang dan Dayang Runner Up.
“Jadi tahun ini kita cuman memilih dua pemenang, kalau tahun sebelumnya kan ada juara III dan harapan. Namun kita juga akan memilih masing-masing satu pasang untuk bujang dan dayang Persahabatan, Intelenjensia serta Favorit yang dipilih dari sms masyarakat,” ungkap Peranciscus kepada wartawan, Jum’at (7/8) kemarin.
Pria yang akrab dipanggil Frans ini juga mengatakan jika di tahun sebelumnya pertanyaan pada saat malam Grand Final dibuat oleh panitia, namun tahun ini pertanyaan dibuat sendiri oleh para finalis. Pertanyaan tersebut kemudian diacak untuk selanjutnya dijawab oleh teman-teman sesama finalis.
“Untuk pertama kali di tahun ini, kita juga mengajak mereka mengunjungi Polres Beltim, seluruh kecamatan di Kabupaten Beltim, dan memberikan bantuan bagi anak-anak panti asuhan. Tujuan kita tidak lain untuk mengasah kepedulian mereka terhadap lingkungan sekitar,” jelas Frans.
Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Beltim, Helly Chandra mengatakan tahun ini Disbudpar mengundang Miss Indonesia 2015, Maria Harfanti untuk menjadi juri kehormatan sekaligus mendampingi Bupati Beltim memasangkan selempang dan tiara kepada pemenang.
“Selain Miss Indonesia, kita juga mengundang Putri Wirausaha Kreatif Indonesia, Ajeng Harjiani.  Kedua Putri ini akan memberikan motivasi dan berbagi pengalaman kepada finalis tentang usaha-usaha kreatif dan juga pengelaman sebagai pemenang beauty peagon,” terang Helly.

Sedangkan untuk hadiah, Bujang dan dayang akan memperoleh uang tunai masing-masing Rp 2,5 juta, Bujang dan Dayang Runner Up Rp 2 juta, dan untuk pasangan Bujang Dayang Intelejensia dan Persahabatan Rp 1 juta.
“Kalau untuk Bujang Dayang Favorite hadiah masing-masing diberikan sponsor. Dan Tahun ini khusus untuk Bujang Dayang akan kita berikan paket tour wisata ke Thailand,” tandasnya. (feb)