Gub Ingatkan PNS Jangan Berulah!

by -

//Terlibat Narkoba Langsung Pecat

PANGKALPINANG – Gubernur Bangka Belitung (Babel), Rustam Effendi angkat bicara terkait dugaan adanya salah satu oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) yang tertangkap sedang asyik nyabu beberapa waktu lalu.
Ia menegaskan, selaku pimpinan tertinggi di roda pemerintahan, dirinya tidak segan-segan untuk mengambil langkah tegas berupa sanksi terhadap oknum tersebut. Ia pun mengingatkan seluruh PNS yang ada agar jangan berbuat ulah terhadap hukum, terlebih permasalahan narkoba.
Menurutnya, kasus narkoba di Babel sudah menjadi kasus gawat darurat dan musuh besar Pemerintah. “Kami akan minta laporan dari Inspektorat untuk PNS di BLHD kita yang tertangkap kasus narkoba kemarin. Kita tidak segan-segan mengambil langkah-langkah untuk sanksi tegasnya, termasuk pemecatan langsung,” ujar Rustam usai melantik pejabat eselon II, Kamis (5/2).
Dampak besar narkoba di Indonesia menurut Rustam sudah mengerikan karena dalam satu hari 50 orang meninggal dunia akibat menggunakan barang haram itu. “1,2 juta jiwa harus direhabilitasi, dan kita butuh waktu 42 tahun untuk merehab mereka yang sudah pengguna narkoba! Karena itu kita tidak main-main memerangi narkoba ini, apalagi untuk PNS kita akan beri sanksi tegas,” terangnya.
Kepala Inspektorat Babel, Haryoso juga mengakui pihaknya sudah mendapat laporan bahwa ada satu PNS yang tertangkap narkoba. Oleh sebab itu ia bersama tim akan melakukan pemeriksaan ulang untuk PNS tersebut, sekaligus akan melakukan pemeriksaan urine di beberapa SKPD yang ada dilingkungan Pemprov Babel.
Untuk PNS yang terbukti menggunakan narkoba, Haryoso menegaskan pihaknya akan memberi ultimatum berupa sanksi pelanggaran disiplin bahkan pemecatan langsung untuk mereka pengguna dan pengedar narkoba. “Kalau mereka pengguna dan pengedar kita bisa pecat langsung setelah nanti ada keputusan pengadilan,” pungkasnya. (eza)