Gubernur Bicara Bahaya Pernikahan Dini

by -

*Pendidikan Penting, Jangan Menikah Muda

PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung H. Rustam Effendi SE, mengingatkan pentingnya pendidikan bagi generasi muda. Oleh karenanya, gubernur menyarankan para pelajar untuk tidak menikah muda dan mengejar bekal ilmu setinggi-tingginya.

Harapan itu ia sampaikan di sela kunjungan kerjanya menghadiri peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW sekaligus wisudawan santriwan dan santriwati tingkat Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah di Pondok Pesantren Darunnajah,  desa Paya Benua Kabupaten Bangka, Jum’at ( 27/5).

“Santriwan atau santriwati yang telah selesai menamatkan jenjang pendidikan sekarang janganlah merasa puas sampai disini. Mari kita manfaatkan umur yang masih muda belia ini untuk dapat menimbah ilmu sebanyak-banyaknya sebagai bekal di hari tua. Kalau bisa di usia dini memasuki umur 25 tahun jangan dulu menikah, perjalanan masih panjang untuk menimba ilmu,” ujar Rustam.

Terlebih, kata Ketua DPD PDI Perjuangan Babel ini, menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) persaingan kerja tentunya lebih keras. Makanya, untuk mampu bersaing diperlukan pendidikan tinggi.

“Apalagi sekarang kita telah memasuki era MEA, siap tidak siap kita harus lalui. Maka kita harus mempersiapkan diri dengan persaingan yang sangat ketat,” imbuhnya.

Oleh karenanya, saran Rustam, pendidikan merupakan hal penting menghadapi tantangan hidup kedepannya.

“Kami selaku pemerintah pada prinsipnya ikut membantu mencerdaskan anak bangsa melalui program-program bidang pendidikan yang telah ditetapkan, dengan bekerjasama dinas instansi terkait dalam hal ini Dinas Pendidikan Provinsi maupun Kabupaten, baik bantuan fisik maupun non fisik melalui beasiswa berprestasi yang telah disiapkan,” tukasnya. (fiz)