Gubernur dan Bupati Ngupi Bareng di KV Senang

by -

*Pelaku Wisata dan Pengusaha Wacanakan Digelar Rutin dan Terjadwal

foto A -sanem dan gubernur saat ngopi bareng - Copy

Foto: ainul yakin/be

NGUPI BARENG: Bupati Sahani Saleh, Ishak Zainudin dan Gubernur Rustam Effendi.

TANJUNGPANDAN- Ngopi di KV Senang nampaknya menjadi kebiasaan mengasyikkan bagi warga masyarakat Belitung. Tak hanya dari warga biasa, namun juga dari kalangan pejabat. Seperti terlihat pemandangan pada Jumat (30/10), pagi kemarin. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi dan Bupati Belitung Sahani Saleh terlihat asyik ngopi di salah satu warkop di KV Senang.

Kedua pimpinan ini terlihat akrab dan santai. Gubernur dan Bupati terlihat saling bercanda sambil minum kopi dan makan jajanan khas Belitung yang disediakan di dua warung bersebelahan ini. Selain itu, Gubernur dan Bupati menyapa masyarakat yang pada saat nongkrong di KV Senang. Bahkan terlihat, Bupati dan Gubernur saling ngobrol dengan masyarakat yang saat itu sedang ngopi. Terlihat ikut ngupi bareng mantan Bupati Belitung Ishak Zainudin.

Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan, tidak ada acara khusus dalam ngopi ini. Ia mengaku, hanya ingin bersantai bersama Gubernur di warung ini. “Kita dampinggi Gubernur Bangka Belitung. Sebab, setiap kali beliau pulang ke Belitung, pasti dia menyempatkan waktu nongkrong di tempat ini,” ujar Bupati Belitung Sahani Saleh, kemarin.

Sementara itu, sejumlah kalangan di Belitung kepada Belitong Ekspres mewacanakan adanya acara “NGUPI BARENG PEJABAT”. Acara yang dikemas dalam suasana santai ngupi ini mempertemukan antara warga masyarakat, pengusaha dan pejabat. Selain pelaku pariwisata dan pelaku ekonomi kreatif, ada juga kalangan pengusaha yang mewacanakan hal tersebut.

“Dengan bahasa coffee morning, mungkin tepat bahasnaya begitu. Kalo Belitong ya Ngupi bareng pejabat. Di acara ini duduk santai warga dan pengusaha menyampaikan aspirasi dan langsung ditanggapi, syukur alhamdulillah dieksekusi oleh Bupati atau Gubernur. Ya, harus dijadwalkan misal setiap Jumat atau Sabtu, yang penting rutin dan progress persoalan masyarakat dan solusinya terpantau dan hasilnya keliatan di lapangan,’’ ujar salah satu pelaku ekonomi kreatif Belitung di Belitung, Nofree.

Pelaku Pariwisata sektor tour travel, Kusumah Kosasih mengungkapkan, kegiatan ngupi bareng pejabat itu sangat penting. “Kita banyak persoalan yang harus diakomodasi pemerintah. Untuk memajukan daerah, pemda tak bisa sendirian. Ada unsur masyarakat dan pengusaha serta investor. Jadi, kalo ingin maju ya sama-sama. Dan perhatikan aspirasi masyarakat serta carikan solusi bersama atas masalah-masalah dankendala yang muncul di lapangan,’’ papar Kusumah.

Terpisah, General Manager Grand Hatika Hotel Belitung, Sarana Aji mengatakan, kekompakan antara pejabat, masyarakt dan pengusaha mutlak dibutuhkan. “Kita harus bersatu dan kompak kalau ingin membangun daerah, termasuk sektor pariwisata. Komunikasi antara pejabat dan pengusaha serta pelaku bisnis di lapangan harus klop dan saling memahami satu sama lain. acara ngupi bareng santai tapi serius, saya yakin bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat,’’ ungkap Aji.(kin/agu)