Gubernur: Jaga Nilai Kejujuran!

by -

*Optimis Hasil UN SMP Babel Bagus

PANGKALPINANG – Gubernur Provinsi Bangka Belitung Rustam Effendi kepada seluruh siswa SMP sederajat yang saat ini sedang melaksanakan Ujian Nasional (UN) agar menjaga nilai-nilai kejujuran.
Pesan ini disampaikannya usai meninjau pelaksanaan UN SMP bersama Walikota Pangkalpinang Muhammad Irwansyah, Senin (9/5) kemarin. Ada tiga sekolah yang dikunjungi yakni SMPN 1 Pangkalpinang, SMPN 2 Pangkalpinang dan MTSN Pagkalpinang. Turut hadir dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pendidikan Pangkalpinang Drs Edison Taher dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Babel, M Soleh.
Menurut gubernur, dengan menjunjung nilai kejujuran, setidaknya pelaksanaan UN Babel merupakan hasil murni yang dilaksanakan oleh para siswa.
“Jadi selama UN, saya berpesan jaga nilai-nilai kejujuran, karena kejujuran merupakan embrio yang dibutuhkan seorang pemimpin kedepan,” ujar Gubernur kepada wartawan.
Melihat kondisi pelaksanaan UN dihari pertama, gubernur merasa yakin pesan tersebut bisa dilaksanakan para siswa. Bahkan dirinya merasa optimis hasil UN SMP tahun ini akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.
“Saya yakin bagus, karena pelaksanaannya lancar dan siswanya pun sudah siap karena sudah dibekali oleh persiapan oleh pihak sekolah, terlebih bagi mereka yang melaksanakan ujian dengan sistem UNBK, karena UNBK ini tidak ribet dan lebih efisien,” ucapnya.
Oleh karenanya, lanjutnya, selaku orang nomor satu di Babel dirinya akan terus berupaya agar kedepan sekolah di Babel sudah menggunakan UNBK.
“Kita sadari saat ini baru sekitar 10 sekolah yang sistem UNBK. Tapi ditahun 2018 mendatang, target kita UNBK sudah 100 persen,” katanya.
Sementara itu, Walikota Pangkalpinang Muhammad Irwansyah menambahkan bahwa pihaknya merasa bersyukur karena gubernur sudah menyempatkan diri untuk memantau UN yang ada di Pangkalpinang khususnya sekolah yang sudah menerapkan UNBK.
“Mudah-mudahan Pak Gub dapat memberikan dukungan yang lebih untuk sektor pendidikan dari sisi dana pendidikannya. Mudah-mudahan Pak Gub bisa memberikan peluang yang lebih kepada Pangkalpinang untuk berbenah dari sisi pendidikan,” ucap Irwansyah.
Senada dengan gubernur, dia pun juga berharap UN ditingkat SMP ini bisa berprestasi seperti halnya yang sudah dilakukan tingkat SMA/SMK pada UN tahun lalu. Dimana sejumlah sekolah meraih penghargaan berintegritas tinggi dalam UN.
“Mudah-mudahan tingkat SMP bisa mampu memberikan nama Pangkalpinang menjadi lebih baik ditingkat nasional,” harapnya.
Di Kota Pangkalpinang sendiri, jumlah siswa yang mengikuti UN SMP sederajat sebanyak 3.346 orang dengan jumlah 155 pengawas. Sementara untuk jumlah sekolah yang mengikuti UN, menurut Kepala Dindik Pangkalpinang Drs Edison Taher, ada sebanyak 29 sekolah.
“Tiga sekolah sudah gunakan sistem UNBK yakni SMPN 1, SMPN 2 dan SMPN 6. Nah sisanya masih gunakan lembar jawaban komputer,” tukas Edison.(pas)