Gubernur Kukuhkan Kontingen Porwil Babel

by -

//Rustam : Babel Harus Jadi Juara Umum
foto A. Ok Porwil - Copy

 Foto bersama usai pengukuhan Kontingen Porwil Babel, di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Babel.

PANGKALPINANG – Sebanyak 237 kontingen Babel yang akan bertarung diajang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera ke IX, Senin (9/11) tadi malam resmi dikukuhkan oleh Gubernur Babel, Rustam Effendi.
Pengukuhan sekaligus pelepasan ini dipusatkan di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Babel. Hadir dalam kesempatan tersebut Danrem 045 Garuda Jaya Babel Kolonel Murlim Mariadi, Sekretaris Daerah Pemprov Babel Syahrudin dan Ketua KONI Babel Darmo Sutomo.
Dalam sambutannya, Gubernur berharap kepada atlet-atlet yang akan ikut bertanding untuk dapat memberikan hasil yang maksimal. Sebab menurutnya, inilah momen yang penting untuk menunjukkan kebolehan yang telah diraih dalam latihan selama ini.
“Tapi saya harapkan, sebagai tuan rumah, tentunya kita harus junjung tinggi sportivitas, tingkah laku dan terima tamu dengan baik, karena percuma prestasi kita dapatkan, namun mendapatkan cemohan dari tamu-tamu kita,” pinta Gubernur.
Gubernur mengakui, persaingan dalam porwil kali ini memang cukup berat. Namun sebagai tuan rumah, dia tetap menargetkan Babel menjadi juara umum.
“Ya targetnya tetap juara umum, karena dikandang orang saja pada poriwil tahun lalu kita bisa juara dua, apalagi dikandang sendiri. Jadi ada peluang kita menjadi juara umum, tetapi kebersamaan ini harus kita jaga, jangan sampai menghalalkan segala cara. Dan saya yakin melihat postur-postur para atlet, target ini bisa kita raih,” tegasnya.
Gubernur menambahkan, untuk memberikan semangat kepada atlet, dirinya sudah mempersiapkan bonus bagi atlet yang meraih medali emas sebesar Rp5 juta. Namun khusus cabang olahraga sepak bola, dirinya menyiapkan Rp50 juta untuk medali emas.
“Ini bonus dari pribadi saya. Mudah-mudahan banyak yang meraih medali. Dan mudah-mudahan juga akan ada cikal bakal mewakili Babel dalam ajang PON nanti. Dan bagi juara PON bonusnya bisa jadi PNS,” katanya.
Berbeda dengan Gubernur, Ketua KONI Babel, Darma Sutomo dalam kesempatan itu hanya bisa menargetkan Babel peringkat kelima. Menurutnya, posisi tersebut sudah merupakan posisi yang realistis mengingat kondisi persiapan atlet saat ini.
“Kenapa targetnya nggak nomor satu? Karena jujur saja, untuk cabor renang kita masih jauh dari provinsi lain. Hal ini dikarenakan sarana dan prasarananya sangat kurang. Untuk itu kedepan mudah-mudahan DPRD bisa merealisasikan kolam renang yang standar kalau Babel ingin maju dalam cabor renang,” kata Darma Sutomo yang biasa disapa Momo itu.
Momo mengatakan, untuk mencapai sebuah prestasi memang ditentukan beberapa faktor salah satunya adalah faktor dana. Dan dalam hal ini, anggaran yang dimiliki Babel masih jauh dari daerah lainnya.
“Tapi itu bukan menjadi masalah buat kitat untuk berprestasi. Dan dalam hal ini sebagai penyemangat atlet, KONI Babel sudah menyiapkan anggaran untuk bonus bagi atlet yang nantinya meraih medali,” janji Momo yang tidak menyebutkan nominal bonus.
Sementara itu, Ketua Kontingen Babel, Efredy Effendi menyebutkan, jumlah kontingen yang akan bertanding dalam ajang Porwil tahun ini sebanyak 237 orang yang terdiri dari atlet, offisial dan pelatih. Sementara jumlah cabor yang diikuti sebanyak 10 cabor yang terdiri dari atletik 47 orang, bulu tangkis 20 orang, basket 29 orang, catur 9 orang, bilyar 12 orang, renang 12 orang, pencak silat 31 orang, sepak takraw 28 orang dan sepak bola 25 orang yang semuanya masing-masing terdiri dari atlet, official dan pelatih.
“Nah dari 10 cabor ini, dua cabor diantaranya yakni atletik dan catur dipertandingkan di Pulau Belitung. Dan sekarang para atlet, official dan pelatihnya sudah berada di Pulau Belitung,” papar Vredy.
Diakui Vredy, saat ini kondisi atlet dalam sehat walafiat. Demikian juga dengan stamina yang sampai saat ini masih stabil. Untuk itu selaku ketua kontingen, dia mohon doa restu kepada masyarakat agar para atlet bisa mengukir prestasi dalam ajang porwil ini termasuk mengikuti pra kualifikasi PON nanti.
“Nah untuk target, kita tak terlalu muluk-muluk. Minimal bisa masuk lima besar dengan target sementara perolehan medali emas 20, perak 25 dan perunggu 30,” tandasnya.(pas)