Gubernur Makin Optimis dengan Depo BBM

by -

*Tahun 2011 Jumlah Pesawat 2, Sekarang Belasan Pesawat

TANJUNGPANDAN-Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi merasa optimis dengan rencana pembangunan Depo BBM di Pulau Belitung. Sebab, potensi keberadaan Depo untuk memenuhi kuota BBM, khususnya aftur bagi pesawat yang mendarat di Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan maupun Bandara Depati Amir di Pangkalpinang, sudah cukup banyak.
Gubernur meyakini akan terwujudnya kepastian pembangunan Depo BBM di Kabupaten Belitung. Sebab, data yang diterima dari Pertamina Pusat adalah data di tahun 2011. Jadi, keberadaan pesawat kala itu baru ada dua di Belitung. Nah, didasarkan data jumlah pesawat yang saat ini ada di Bandara Bangka dan Belitung. “Sekarang ini sudah ada sepuluh pesawat dan bahkan akan mengarah ke sebelas pesawat,” kata Gubernur kepada BE, lalu.
Selain itu, pihak investor dari Singapura menyatakan kesiapannya membiayai serta mempromosikan keluar negara mengenai destinasi pariwisata Pulau Belitung ini. Terutama juga tentang potensi Pelabuhan Tanjungbatu. “Proyek pertama, setiap proyek wisata harus didukung dengan membangun, melakukan masterplan tourism.  Dan jika PT Pelindo II berkenaan, maka kita akan berusaha meningkatkan kerjasama untuk membangun pelabuhan tersebut,” ungkap Rustam.
Meski demikian, pelabuhan laut akan dibicarakan secara terpisah untuk bagaimana mengenai percepatan mengeksekusi pembangunan itu. “Sebab, yang paling terpenting adalah bagaimana kita bisa menghandel tourism dan komplain nantinya. Ini salah satu projek pembangunan marina di Kabupaten Belitung. Tinggal kita menunggu waktu untuk progres selanjutnya. Karena saat ini sedang dalam proses negosiasi masalah pendanaan. Jadi, ketika pemda sudah siap, semua akan berjalan secepatnya,” kata dia.
“Area mana saja yang bisa menghasilkan income. Terutama sekali juga mengenai kesiapan Belitung untuk menjadi kawasan KEK Pariwisata (Kawasan Ekonomi Khusus,Red),” tambahnya. (mg2)