Gubernur Pastikan Porsi Praktik dan Teori di SMKN Selat Nasik Berjalan

by -
Gubernur Pastikan Porsi Praktik dan Teori di SMKN Selat Nasik
Gubernur Babel berkomunikasi dengan siswa SMKN 1 Selat Nasik, Jumat (14/2).

Rencanakan Pembangunan Fasilitas Cold Storage

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Gubernur Provinsi Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman Djohan dan Bupati Belitung Sahani Saleh meninjau SMKN 1 Selat Nasik dan beberapa dermaga di Pulau Mendanau tersebut, Jumat (14/2). Sebelumnya, pagi hari Gubernur bersama Kapolda Babel Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat melakukan goes bersama dari Hotel Swiss-bellresort Desa Tanjung Binga menuju Pantai Tanjung Kelayang.

Sekitar pukul 08:00 WIB, rombongan Gubernur Babel bersama rombongan yang terdiri dari unsur Forkopimda beserta siswa-siswi SMKN 1 Sijuk tiba di Pantai Tanjung Kelayang. Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan Dermaga Tanjung Kelayang didampingi Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie.

Peninjauan itu terkait akan dihibahkannya aset dermaga itu dari Dinas PUPR (DPUPR) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kepada Pemerintah Kabupaten Belitung, untuk dikelola sebaik-baiknya demi kemajuan Pariwisata Belitung.

Selanjutnya rombongan goes bersama kembali ke Desa Tanjung Binga. Setelah itu Gubernur Bangka Belitung dan Kapolda bersama rombongan menuju Selat Nasik dengan menggunakan Helikopter.

Bupati Belitung Sahani Saleh menyambut rombongan Gubernur di Desa Selat Nasik, lalu melakukan peninjauan ke tempat Praktek SMKN 1 Selat Nasik, SMKN 1 Selat Nasik menggunakan kendaraan darat. Sedangkan peninjauan gubernur ke beberapa dermaga di Selat Nasik menggunakan Helikopter.

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman mengatakan bahwa peninjauan kali ini dilakukan untuk memotivasi dan melakukan pengecekan pembelajaran siswa di SMK N 1 Selat Nasik. Pengecekan dilakukan guna memastikan porsi praktik dan teori di kelas SMK sudah sesuai.

“Kami bersama Pak Bupati dan Pak Kapolda mengunjungi SMKN 1 Perikanan Selat Nasik untuk memotivasi sekaligus mengecek pembelajaran mereka yang 50 % teori, 50% praktek itu kedepan lebih dapat dijalankan,” kata Erzaldi saat ditemui Belitong Ekspres, Jumat (14/02) kemarin.

Erzaldi menyebutkan, kunjungan ini juga dalam rangka evaluasi dan merencanakan beberapa hal dalam pengembangan SMK perikanan ini. Salah satunya adanya menambah fasilitas praktik bagi para siswa.

“Dari segi perlengkapan teori saya rasa sudah bagus sekolah ini, dan kita perlu menambah tempat-tempat praktik. Usulan dari pak Bupati tadi untuk mensukseskan BLUD harus ada kerambah apung, sebagai modal untuk bahan makanan bagi ikan kerapu,” katanya.

Kata Gubernur, selain melakukan budidaya Kerapu bagi siswa SMKN 1 Selat Nasik ini, dirinya juga berencana menambahkan budidaya udang sebagai praktik bagi siswa. Selanjutnya, mereka meninjau dermaga Suak Kemang, Tanjung Nyato dan Pelabuhan Tanjung Kucing, dengan menggunakan Helikopter.

“Pos terpadu pelabuhan Tanjung Kucing itu untuk mengawasi laut kita, dan harapannya kedepan nelayan disini akan lebih terberdaya dan ada nilai tambah dari hasil laut disini,” terang Gubernur Babel.

Selain itu, Gubernur juga berencana untuk membangun fasilitas cold storage. Pembangunan cold storage diyakini mampu membuah nilai tambah hasil tangkapan semakin meningkat. “Tapi kalau kita mau bikin, pemerintah harus mengetahui hasil tangkapan nelayan perhari, agar fasilitas ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal,” katanya.

Sementara itu Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan, Selat Nasik merupakan lokasi Kawasan Prioritas Pembangunan Nasional (KPPN), berkenaan dengan pengembangan potensi kemaritiman dan darat. Rencannya akan bangun 1000 hektar lahan untuk tanaman subtropis, seperti Durian, Manggis, Rambutan, Nanas, yang peluang ekspornya sudah ditunggu beberapa negara.

Kata Bupati selama ini di Kecamatan Selat Nasik tidak memiliki pabrik es dan cold storage. Sehingga jika itu terealisasi akan membantu kehidupan masyarakat dan nelayan. “Untuk lautnya, bagaimana pengembangan potensinya, terutama para nelayannya, karena di Selat Nasik tidak ada pabrik es atau cold storage,” sebutnya.

Selain itu, Bupati juga berencana mengembangkan pelabuhan Tanjung Nyato. Pelabuhan ini direncanakan menjadi penyanggah dari pelabuhan perikanan Nusantara Tanjungpandan yang dinilai sudah terlalu padat.

Kemudian kata Bupati, Selat Nasik ini rencananya akan dijadikan poros maritim dunia untuk Indonesia bagian barat, yang nanti akan di fokuskan di Belitung. Kemudian Belitung akan memfokuskan di Selat Nasik tersebut. (dod)

Editor: Yudiansyah