Gubernur Resmikan SMKN 1 Sijuk

Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan memotong pita menandai peresmian SMKN 1 Sijuk, yang berlokasi di Desa Tanjung Binga, Selasa (17/7) kemarin.

Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan memotong pita menandai peresmian SMKN 1 Sijuk, yang berlokasi di Desa Tanjung Binga, Selasa (17/7) kemarin.

Tahun Depan UBB Akan Bangun  Jurusan Pariwisata di Beltim

RajaBackLink.com

belitongekspres.co.id, SIJUK – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman Djohan meresmikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sijuk, yang berlokasi di Desa Tanjung Binga Selasa, (17/7) kemarin.

“Ini salah satu kebijakan kita untuk terus memacu dan membantu pariwisata di Belitung khususnya, hari ini kita meresmikan SMKN 1 Sijuk khusus di bidang pariwisata,” kata Gubernur Babel ditemui Belitong Ekspres setelah peresmian SMKN 1 Sijuk.

SMKN 1 Sijuk kata Erzaldi kini memiliki dua jurusan yakni akomodasi perhotelan dan usaha perjalanan wisata. Namun, untuk kedepannya akan ditambah jurusan lainnya untuk mendukung pariwisata di Negeri Laskar Pelangi.

“Insya Allah tahun depan akan ada jurusan Tata Boga. Tahun depan juga kami akan membangun fasilitas homestay di sini agar menjadi bagian praktik siswa,” jelas Gubernur Negeri Serumpun Sebalai.

Menurut Erzaldi, pihak sekolah pun akan bekerjasama dengan IHGMA (Indonesia Hotel General Manager Association) dan ASITA (Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia). Itu untuk membantu sebagai tenaga pengajar atau guru di sekolah tersebut.

Baca Juga:  Angka Pengangguran Beltim Turun Drastis, Tapi..

“Pada tahun ini juga, untuk semua SMK atau kejuruan harus menerapkan praktik dan teori dengan perbandingan 50:50. Jadi nanti hotel-hotel akan menerima praktik para siswa. Harapannya para siswa terbiasa sehingga lulus bisa langsung dapat kerja,” jelasnya.

Gubernur menambahkan, praktik ini bersertifikat serta dikeluarkan BSNP untuk menunjang sarana pendidikan pariwisata. Selain itu, pada tahun depan juga akan segera dibangun jurusan pariwisata Universitas Bangka Belitung (UBB) untuk jenjang diploma tiga (D3).

Jurusan pariwisata D3 terlebih dahulu dipersiapkan dan selanjutnya baru dibangun jenjang strata satu (S1). Rencananya jurusan pariwisata itu akan dibangun dan terletak di Kabupaten Belitung Timur (Beltim).

“Karena pemerintah Belitung Timur menghibahkan tanahnya seluas 30 hektare, itulah yang akan kami jadikan kampus UBB di bidang pariwisata,” tandas Gunernur.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung M Soleh mengatakan, SMK Negeri 1 Sijuk ini didirikan tahun 2018. Pada tahun ajaran 2019/2020 ini adalah tahun pertama penerimaan siswanya.

“Memang fasilitas masih terbatas, jumlah rombel (rombongan belajar) yang disediakan ada enam kelas. Kemudian tempat-tempatnya masih terbatas,” kata M Soleh kepada Belitong Ekspres.

Dijelaskannya, tahun ini rencananya penerimaan siswa baru dilakukan secara bertahap dengan membuka dua kelas setiap jurusan. Namun, karena tingginya antusiasme masyarakat yang mendaftar hingga harus dibuka lima kelas.

Baca Juga:  Mabok, Tabrak Tronton, Pengendara Motor Koma

“Masing-masing dua, sehingga cukup untuk tiga tahun ke depan. Tapi ternyata minat masyarakat sekitar sini yang luar biasa, jumlah rombel untuk tiga tahun justru semuanya hampir terpakai semua. Jadi kami menerima lima kelas, per rombelnya 32 siswa jadi 160 siswa,” jelasnya.

Selanjutnya dia mengatakan, pihaknya akan berupaya bekerjasama dengan semua pihak, terutama pihak yang sesuai dengan jurusan di SMKN 1 Sijuk ini. Terutama kerjsama dengan pelaku wisata, perhotelan, dan travel agent.

“karena ada dua jurusan yaitu akomodasi perhotelan dan usaha perjalanan wisata, kerjasama itu harus dilakukan. Ini diharapkan akan menghasilkan tenaga kerja menengah, yang siap pakai di Belitung,” pungkas M Soleh.

Salah satu siswa SMKN 1 Sijuk Abel Esprency bersyukur dirinya bisa masuk sekolah tersebut, karena dirinya merasa sesuai dengan keinginannya. “Alhamdulillah bang, dapat sekulah sinek, ndak jao dari rumah, dan juak aku ngerase dari SMP aku memang nak masok SMK Pariwisata ne,” ujar Abel.

Sebelumnya, Gubernur sempat melakuka andiensi dengan siswa dan orangtua murid sebelum peresmian SMKN 1 Sijuk. Pada kesempatan itu, dia memberikan sebuah laptop kepada salah satu murid bernama Ardiansyah. Siswa ini diberi hadiah karena berhasil melaksanakan instruksi untuk memperagakan bagaimana menjadi karyawan hotel yang baik. (dod)

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply