Guru Ngaji Bakal Dapat Insentif

by -

PANGKALPINANG – Gubernur Bangka Belitung (Babel) Rustam Effendi mengatakan mulai tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel menggelontorkan intensif bagi 5227 guru ngaji di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dan Taman Kanak-kanak Islam (TKA) se Babel senilai Rp6.272.400.000.

Insentif bulanan ini diberikan sebagai bentuk perhatian Pemprov kepada tenaga pendidik agama yang menanamkan pondasi keagamaan pada generasi penerus bangsa. “Satu orang guru mendapat Rp1.200.000 per tahun, memang tidak seberapa namun kita berharap setiap tahun terus meningkat,” ujar Rustam, Selasa (24/5).

Menurutnya, pemberian intensif ini merupakan idenya mengingat peranannya sangat penting menanamkan pondasi pengetahuan agama pada masa keemasan anak. “Melalui pendidikan agama sejak dini, kelak membentuk karakter generasi penerus berakhlakul karimah dan memiliki mental spiritual yang kuat,” ungkapnya.

Rustam pun berkesempatan menyaksikan 16 orang santri yang tamat membaca al-Qur’an. Santri ini berjejer melafalkan juz 30 menggunakan pakaian adat Bangka berwarna merah. Bagi santri yang khatam dalam adat masyarakat sekitar diharuskan mensedekahkan telur rebus yang dihias berbentuk jampana, kemudian diarak keliling kampung.

“Budaya ini harus terus dipertahankan sebagai ciri masyarakat Bangka Belitung yang menjunjung tinggi gotong royong dan religius,” pungkasnya.(cr2)