Guru TK, SD dan SMP di Belitung Bakal Dirapid Test

by -
Guru TK, SD dan SMP di Belitung Bakal Dirapid Test
Bupati Belitung Sahani Saleh.

Siapkan 35 Ribu Masker Seragam

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pemerintah Kabupaten Belitung berencana melaksanakan Rapid Tes untuk guru Paud, TK, SD dan SMP. Hal tersebut dikatakan Bupati Belitung H. Sahani Saleh ketika meninjau sekolah-sekolah terkait penerapan SOP Protokol Kesehatan.

“Seharusnya sebelum masuk, semua guru harus dirapid test, tapi ini baru terpikir lebih jauh,” kata Bupati Belitung kepada Belitong Ekspres, Senin (27/07) kemarin.

Dikatakan Bupati yang karib disapa Sanem, sekitar dua hingga tiga hari kedepan akan segera dilaksanakan, hanya tinggal melihat ketersediaan rapid test di Kabupaten Belitung. “Nanti tim medis akan datang ke sekolah-sekolah untuk rapid test para guru, untuk Paud, TK, SD, dan SMP itu kewenangan kita,” jelas Sanem.

Menurut Sanem, jumlah tenaga pendidik dari seluruh satuan tersebut berjumlah sekitar 2.000-an. “Kalau ada hasil reaktif, akan langsung swab. Tapi mudah-mudahan jangan sampai ada,” terangnya.

Kemudian tambah Sanem, dirinya memerintahkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Belitung untuk membuat masker secara seragam. “Misalnya warne merah untuk SD, dengan standar ada lambang Tutwuri Handayani. Jadi setiap guru dan murid kita berikan,” tukasnya.

Sanem menyebutkan masker tersebut yang bisa dicuci atau bisa dipakai berkali-kali, dan diperkirakan membutuhkan sejumlah 30 hingga 35 ribu masker.

“Di Perubahan anggaran nanti, kalau 30 ribu sekitar dibawah 200 juta. Dari pada kita mengobati kena 1 orang Covid-19 sejumlah 12 juta, lebih baik mencegahnya,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Junaidi juga mengatakan pihaknya akan menyiapkan jumlah masker yang dibutuhkan sekitar 35 ribuan. “Untuk jumlah keseluruhan sekitar 35 ribu lah,” kata Junaidi. (dod)