Hampir Samai Pangkalpinang

by -

    KOBA – APBD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) tahun 2015 mendekati angka Rp1 triliun atau hampir menyamai APBD Kota Pangkalpinang, ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).
    “Angka tersebut sudah hampir menyamai APBD Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka yang merupakan daerah yang sudah lama berkembang,” kata Bupati Bateng Erzaldi Rosman dalam rapat paripurna pengesahan APBD Perubahan, Selasa (23/6) kemarin.
    Ia menjelaskan, jika angka dalam struktur keuangan APBD mencapai Rp1 triliun tentu merupakan prestasi juga bagi anggota DPRD Bateng. “Kalau angkanya sudah mencapai Rp1 triliun, maka akan menambah tunjangan komunikasi anggota DPRD namun tetap harus jeli, jangan sampai anggaran banyak terserap untuk belanja pegawai,” ujarnya.
    Ia mengatakan, anggaran harus diatur dengan baik agar APBD benar-benar bermanfaat bagi masyarakat dan anggaran publik harus memiliki porsi lebih besar. “Saya minta pihak DPPKAD dapat segera membuat data potensi PAD, jika tidak bisa membuatnya padatnya kinerja maka silakan data potensi ini dibuat melalui jasa konsultan,” ujarnya.
    Erzaldi mengakui sampai sekarang modul nota keuangan Bateng belum dilengkapi data-data potensi PAD. “Sejauh ini hubungan legislatif dengan eksekutif berjalan cukup harmonis, sehingga semua program pembangunan daerah mendapat dukungan secara maksimal,” katanya.
    Erzaldi menyambut baik diterimanya APBD-P 2015 dan ini membuktikan hubungan legislatif dan eksekutif berjalan dengan baik. “Saya melihat hubungan legislatif dan eksekutif di Bateng merupakan yang terbaik di Babel,” ujarnya.(ant/rb)