Harapan APDESI Belitung, Seluruh Kades dan Perangkat Juga Divaksin

by -
Harapan APDESI Belitung, Seluruh Kades dan Perangkat Juga Divaksin
Ketua APDESI Belitung, Mulkan.

belitongekspres.co.id, SIJUK – Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia ( APDESI) Kabupaten Belitung berharap seluruh Kepala Desa beserta perangkatnya juga mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

“Kalaupun kuotanya masih mencukupi, dari 42 desa dan 7 kelurahan, barang kali kami diberikan kesempatan untuk divaksinasi juga,” kata Ketua APDESI Belitung Mulkan kepada Belitong Ekspres.

Menurut Mulkan, mereka juga memberikan pelayanan publik, yang setiap hari bertemu dengan orang ramai.

Meskipun, dalam pelayanan itu SOP Protokol Kesehatan sudah dijalankan, namun kadang-kadang kekhwatiran terhadap wabah pendemi ini tetap ada.

“Kami sangat berharap sekali lah, berkenaan dengan vaksinasi Covid-19 itu,” harap Mulkan yang juga Kades Batu Itam.

Oleh karena itu, pihaknya sangat berharap banyak, apabila kuota vaksin masih mencukupi dan prioritas yang utama telah divaksin semua. Seperti tenaga kesehatan, guru dan lain-lainnya.

“Artinya di luar dari priotas utama, kita juga berharap sekali divaksin itu, apalagi wabah covid-19 ini masih berlangsung sampai sekarang,” sebut Mulkan.

Oleh sebab itu, dalam waktu dekat pihaknya akan segera melakukan komunikasi lebih lanjut dengan dinas terkait, guna menindaklanjuti harapan mereka itu.

“Insyaallah, kita akan berkoordinasi dengan Dinas kesehatan Kabupaten Belitung dan pihak terkait lainnya,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Keciput Lubis juga menganggap perlu bahwa para kepala desa dan perangkatnya dilakukan vaksinasi Covid-19.

Walaupun desa merupakan pelayanan paling bawah, namun selalu bersentuhan dengan khalayak ramai. “Kita masih menunggu juga, dan kades dan perangkat desa Keciput siap divaksin,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Belitung, Joko Sarjono  mengatakan jumlah sasaran vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Kabupaten Belitung, mencapai 1.050 orang.

“Tahap kedua ini di kalangan guru dulu ada sekitar 1300-an pelaksanaan pada hari Jumat tanggal 12 Maret 2021, di Puskesmas Tanjungpandan dan Air Saga,” kata Joko kepada Belitong Ekspres

Menurut Joko, untuk vaksinasi usia lansia diawali oleh Bupati Belitung dan istrinya. Selanjutnya untuk lansia yang lain akan divaksinasi juga setelah vaksinasi terhadap tenaga pendidik selesai.

“Berikutnya kita akan vaksin lansia, petugas pelayanan publik, TNI dan Polri, tinggal nanti kita persentasekan dengan vaksin yang datang pada minggu ini,” terangnya. (dod)