Harapan, Hari ini Cuaca Baik

by -

*Sebagian Penumpang Bisa Pahami, Bisa Berdampak Pada Pariwisata

TANJUNGPANDAN-Sejumlah penumpang dari maskapai yang batal terbang akibat kabut asap, Jumat (18/9), kemarin, terpaksa harus menunda keberangkatan sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan. Namun demikian, harapan penumpang, setidaknya besok (hari ini,Red) cuaca membaik. Kondisi batal terbang ini pun otomatis juga dialami para penumpang dari Jakarta, Pangkalpinang maupun Palembang yang hendak ke Belitung.

Setelah menunggu berjam-jam hingga sore dan petang hari kemarin, perkembangan cuaca akibat kabut asap, belum juga bersahabat untuk penerbangan. Maka, akhirnya penumpang yang dari luar Belitong, terpaksa harus kembali mencari hotel. Lantas, sebagian penumpang yang asli Belitung balik ke rumah masing-masing. Rata-rata penumpang meminta jadwal ulang kepada maskapai.

Salah satu Fendi Haryono yang ter-cancel, Fendi Haryono kepada Belitong Ekspres mengatakan, dirinya sebagai penumpang bisa memahami kondisi karena memang cuaca tak memungkinkan. “Saya justru berterimakasih kepada maskapai yang memebatalkan, karena resiko kecelakaan di udara sangat tinggi. Apalagi jika menyangkut jarak pandang. Sudahlah, bahaya lah di udara itu, mengangkut nyawa,’’ ungkap pengusaha ini.

Menurutnya, kondisi semacam ini murni karena faktor alam. “Toh misalkan pun maskapai nekat berangkat ketika ada kabut asap tebal begini, lebih baik saya ndak ikut naik,’ resiko siapa yang nanggung,’’ pungkasnya.

Terpisah, pelaku wisata tour travel Kusumah Kosasih mengaku tamunya dari Jakarta yang hendak naik Garuda Indonesia dari Jakarta, terpaska batal terbang sampai waktu yang belum bisa dipastikan. “Semoga besok (hari ini,Red) atau dalam waktu secepatnya bisa terbang sehingga jadwal liburan maupun acara di Belitung tak tertunda lagi,’’ ungkapnya.

Menurut Kusumah, kondisi seperti ini jika berlangsung cukup lama, jelas akan mempengaruhi kondisi pariwisata di Belitung. Sebab, dalam momen weekend seperti sekarang ini saja, banyak turis asal Jakarta yang hendak berwisata ke Belitung. “Pasti ada dampak terhadap dunia pariwisata, termasuk bagi kita dan kawan-kawan yang terjun di bisnis tour travel. Saya harap cuaca segera membaik,’’ papar Kusumah dengan penuh harap.(kin/ade/agu)