Hardi Isi Posisi Basuri

by -

//Segera Cari Pengganti Kadispora

PANGKALPINANG – Hardi resmi menjabat Plt Bupati Belitung Timur (Beltim) dengan menggantikan posisi Basuri T Purnama yang akan bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Desember mendatang. Pergantian tersebut ditandai dengan acara pelatikan di lantai 3 kantor Gubernur Babel.
Pelantikan tersebut dilakukan oleh Plh gubernur Hidayat Arsani di hadapan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah. Dalam sambutannya seperti yang dirilis dari website resmi Pemprov, Dayat mengatakan bahwa jabatan bukan sesuatu yang kekal oleh karena itu tugas yang dipercayakan dapat dijadikan amanah.
“Proses pelantikan tidak butuh waktu yang lama, tapi buktikanlah bahwa amanah ini dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya sampai habis masanya. Karena amanah adalah tugas dari Allah SWT, justru itu harus dilaksanakan sebagaimana semestinya,” ungkap Dayat.
Lebih jauh lagi Dayat menyampaikan bahwa pelantikan caretaker hari ini adalah untuk mengisi kekosongan pasca berakhirnya masa jabatan kepala daerah Kabupaten Beltim. Masa jabatan caretaker relatif singkat, tapi ini adalah amanah yang harus diemban Plt Bupati Beltim.
“Seperti yang dituangkan dalam amanah undang-undang bahwa tugas penyelenggaraan pemerintah daerah, memfasilitasi penyelenggaraan pilkada serta menjaga dan memelihara netralitas PNS dalam pilkada sehingga bisa memberikan pelayanan tanpa diskriminatif dan saya yakin Pak Hardi dapat mengemban amanah ini. Beliau tidak diragukan lagi, beliau sportif dan memiliki kemampuan birokrasi yang baik,” ujarnya.
Dayat juga berharap agar Plt Bupati dapat berkoordinasi dengan muspida dan masyarakat Beltim supaya bisa memposisikan diri diantara semua kandidat agar dapat bertarung secara sehat dan penuh tanggung jawab. “Ciptakan kondisi pertarungan secara sehat, dan hindari money politik,” tegasnya.
Terpisah, Wakil Ketua DPRD Babel, Deddy Yulianto meminta gubernur segera menunjuk pejabat berkompeten untuk mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan Kepala Dispora Babel, karena ditunjuk sebagai Plt Bupati Beltim.
“Kita minta Gubernur segera menujuk pejabat untuk mengisi kekosongan Kepala Dispora karena menjabat Plt Bupati,” ujarnya, Senin (7/9) kemarin.
Deddy menilai dengan adanya kekosongan pejabat dikhawatirkan akan menganggu kinerja dinas yang bersangkutan. “Kita minta segera ada yang mengisi kekosongan tersebut, agar koordinasi kepala daerah tetap berjalan. apalagi sebentar lagi pada akhir November mendatang, kita jadi tuan rumah Porwil se Sumatera,” imbuhnya.
Kendati begitu, Deddy menilai bahwa pejabat yang ditunjuk oleh Gubernur telah melalui pertimbangan yang matang. “Saya yakin ada pertimbangan gubernur pejabat yang akan menjadi Plt Bupati,” pungkasnya. (rel/iam)