Harga Ayam Sempat Rp 80 Ribu Perkilo

by -

*Pasokan dan Stok Berkurang Sejak Lebaran Lalu

MANGGAR – Harga daging ayam potong di sejumlah pasar di Kabupaten Belitung Timur (Beltim), masih tinggi, dibandingkan dengan hari hari sebelumnya, hahkan dari hari Raya Idul Fitri lalu.

“Harganya masih tinggi bang, hari ini saja masih diharga Rp.50 ribu, per kilogramnya, dan ini sudah terjadi sejak beberapa pekan kemarin,” ungkap Talip pedagang ayam potong di pasar Lipat Kajang Manggar, Sabtu (5/9) akhir pekan kemarin.

Menurut Talip, tingginya harga ayam dikarena stock yang kurang, karena dibandingkan waktu lebaran lalu. Ayam saat ini sangat sedikit dan itupun harus menunggu datangnya stock yang ada di luar daerah. Menipisnya stock dan pasokan ini lah yang menyebabkan harga daging ayam tinggi.

Bahkan ia mengatakan, di pasar lain seperti Kelapa Kampit, ayam sempat mencapai harga Rp.80 ribu, dan sekarang harga tertinggi di Kelapa Kampit sekitar Rp.60 ribu.

“Di pasar Kelapa Kampit sebelumnya pernah mencapai harga Rp.80 ribu, namun kini harga nya sudah turun sekitar Rp.60 ribu, dan di pasar Lipat Kajang sih hanya pada kisaran, Rp.45 ribu hingga Rp.50 ribu,” jelasnya.

Hal ini menyebabkan pertanyaan besar bagi para pembeli, dan juga termasuk pelanggan, seperti rumah makan, dan warung makanan. Sebab, dengan harga yang tinggi sangat mempengaruhi jualan mereka.

Pembeli berharap pemerintah khususnya SKPD terkait segera melakukan operasi pasar dan menstabilkan harga daging ayam yang kini sangat tinggi. Karena bukan hanya harga ayam potong yang saat ini tinggi, bahkan harga ikan pun melambung, dan hampir dua kali lipat dari harga biasanya.

“Yah, kalo harga Ikan mungkin karena angin masih kencang, dan membuat nelayan enggan melaut, namun saat ini benar benar sudah melampaui harga biasanya, dan harganya pun hampir 2 kali lipat. Jadi saat ini kami mau tidak mau harus mengikuti harga pasar, namun kami berharap dalam waktu dekat pemerintah khususnya bisa memberikan jalan terbaik buat kami dan juga pembeli lainnya,” papar Yanti pembeli yang ditemui di pasar Lipat Kajang, Sabtu (5/9) kemarin. (feb)