Harga Bawang Putih Naik

by -

PANGKALPINANG – Harga bawang putih di pasar-pasar tradisional di Kota Pangkalpinang, naik karena stok kurang dan tidak dapat memenuhi permintaan konsumen.
“Stok mulai terbatas karena pasokan baik dari petani lokal maupun dari luar daerah mulai berkurang karena hasil panen mengalami penurunan selama musim kemarau ini,” kata seorang pedagang, Netri, Sabtu (5/9).
Ia menyebutkan, harga bawang putih naik menjadi Rp22 ribu dari sebelumnya Rp18 ribu per kilogram, sedangkan harga bawang merah masih bertahan normal Rp18 ribu per kilogram, sementara harga cabai rawit hijau bertahan Rp48 ribu per kilogram.
“Persedian bawang merah cukup banyak karena sebelumnya pedagang terus meningkatkan pasokan, demikian juga dengan cabai rawit hijau,” terangnya.
Menurut dia, untuk memenuhi permintaan pedagang masih mengandalkan pasokan dari luar daerah karena hasil dari petani lokal belum cukup untuk memenuhi permintaan konsumen. “Jika hanya mengandalkan pasokan dari petani lokal tentu tidak akan dapat memenuhi permintaan konsumen, karena itu pedagang mengandalkan pasokan dari luar,” ujarnya.
Demikian juga dengan Ramli, pedagang lainnya yang mengakui harga bawang putih naik sehingga pelanggannya mulai mengeluh. Ia mengatakan, rata-rata pasokan didatangkan melalui jasa angkutan laut karena biayanya lebih murah.
“Untuk menghemat biaya kami selalu mendatangkan pasokan dengan kapal laut. Semoga saja cuaca tetap bagus dan pelayaran tetap aman untuk dilalui agar pasokan segera tiba,” tandasnya. (ant/rb)