Harga Daging Ayam Stabil

by -

TANJUNGPANDAN-Memasuki musim penghujan, harga ayam potong di Pasar Tanjungpandan tebrilang tetap stabil. Kendati demikian, sejumlah pedagang mengaku harga kulakan (modal) untuk pembelian daging ayam ke pemasok naik, meski hanya tipis sekitar Rp 1 ribu hingga Rp 2 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang Roni, menyatakan, harga modal memang sedikit naik cuma seribu sampai dua ribu rupiah. Tapi, bagi pedagang harga ini sangat mempengaruhi, karena ayam yang dibeli tentu ada bulu, usus, kepala dan kaki. “Tentu kami pangkas bagian iti sehingga berat akan berkurang,’’ ungkap Roni.

Lebih jauh Roni mengungkapkan, kenaikan harga modal sudah terjadi sekitar dua pekan sebelumnya. Sementara harga daging ayam tetap stabil di kisaran Rp 30 ribu sampai Rp 32 ribu per kilogra,. “Ikan lagi banyak dan harga stabil, sehingga mempengaruhi konsumsi masyarakat pada ayam potong,” ujarnya

Seorang pedagang lainya Wina, asal Kampung Parit mengatakan, harga modal naik tapi harga jual stabil. Jelas, kondisi ini mempengaruhi pendapatan pedagang. “Mau gimana lagi kalau di jual dengan harga tinggi nanti gak laku, di jual murah rugi,’’ keluh Wina.(mg1)