Harga Daging Sapi dan Ayam di Belitung Mulai Merangkak Naik 

by -
Harga Daging Sapi dan Ayam di Belitung Mulai Merangkak Naik 
Suasana operasi pasar di halaman Gedung Nasional Tanjungpandan, Rabu (28/4) kemarin.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Harga daging sapi dan daging ayam di Pasar Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, mulai mengalami kenaikan. Harga daging dari Rp130 ribu per Kg naik menjadi Rp140 ribu per Kg, sedangkan harga daging ayam sebelumnya Rp 38 ribu, sekarang mencapai Rp 42 ribu per Kg.

“Mulai tanggal 19 April harga daging sapi tercatat mengalami kenaikan menjadi Rp140 ribu per Kg dan daging ayam Rp 42 ribu,” kata Kepala Bidang Usaha Perdagangan Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Rita Yuliani kepada Belitong Ekspres, Rabu (28/4).

Menurut Rita, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah harga daging sapi dan ayam mulai mengalami kenaikan dikarenakan tingginya permintaan masyarakat terhadap komoditi tersebut. “Mungkin daging sapi sama ayam bisa naik sebelum lebaran, daging sapi bisa Rp 150 per Kg dan ayam bisa Rp 45 ribu per Kg,” jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap harga daging sapi dan harga ayam, sehingga tidak mengalami kenaikannya masih dalam batas normal.

“Kewenangankan ada di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung untuk penekanan harga. Mungkin apabila harga tinggi bisa jadi dilakukan operasi pasar semacam ini,” sebut Rita.

Kemudian, dalam rangka stabilitas harga daging ayam DKPP Belitung bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel melakukan operasi pasar di halaman Gedung Nasional Tanjungpandan. “Harga Ayamnya per Kg Rp 38 ribu per Kg di sini, dan hanya satu kali ini operasi pasarnya,” pungkasnya. (dod)