Harga Lada Kini Naik Jadi Rp82 ribu Per Kg

by -
Ilustrasi Petani Lada Beltim
Ilustrasi Petani Lada Beltim

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Harga Lada di Kabupaten Belitung mulai merangkak naik. Dari data yang tercatat di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung harga lada semula Rp76 ribu kini naik menjadi Rp 82 ribu per kilogramnya.

“Kenaikan harga Lada cukup signifikan dari Rp76 ribu per kilogram menjadi Rp 82 ribu per kilogramnya,” kata Kepala Bidang Perkebunan DKPP Kabupaten Belitung Hamzah kepada Belitong Ekspres, Selasa (29/3) kemarin.

Dikatakannya, trend harga Lada terus meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Mulai dari Rp 62 ribu, naik menjadi Rp 76 ribu dan sekarang mencapai Rp 82 ribu per kilogramnya. “Kenaikan harga juga ini tak terlepas dari banyaknya permintaan pasar akan Lada Belitung,” ujarnya.

Naiknya harga jual Lada Belitung tentunya memberikan keuntungan dan dampak positif bagi para petani. Apalagi saat ini belum memasuki massa musim panen. “Ada yang jual tetapi jumlahnya terbatas karena stoknya tidak banyak. Namun yang cukup beruntung adalah para pengumpul karena mereka memiliki stok lada yang cukup banyak lalu mereka melepas atau menjualnya sekarang,” katanya.

Dia menambahkan, untuk produksi Lada tahun ini diperkirakan akan sedikit mengalami penurunan akibat faktor cuaca dengan intensitas hujan cukup tinggi. “Jika tahun lalu produksi kita bisa mencapai 6000 ton, maka pada tahun ini kita prediksikan hanya mencapai 3000 ton melihat situasi kondisi cuaca saat ini. Tapi kita berharap hal itu jangan sampai terjadi,” tutupnya. (rez)