Harga Tiket Pesawat Fluktuatif, Cenderung Tinggi

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Agen Teavel Keluhkan Sepinya Pembeli, Tersaingi dengan Online

TANJUNGPANDAN-Menjelang H-3 Lebaran, kemarin, harga tiket pesawat di Belitung terbilang masih fluktuatif, kendati pada jam-jam tertentu relatif sangat tinggi.  Meski demikian, kondisi tak bisa dipastikan, mengingat sistem penjualan tiket pesawat menerapkan batas bawah dan batas atas dengan angka rupiah yang cukup tinggi .
Meski harga tiket masih terjangkau pada jam-jam tertentu, bagi pelaku usaha travel, penjualan tiket tak semanis tahun lalu. Sebab, biasanya pada H-7 hingga H-2 pesanan tiket membludak, hingga konter cukup kuawalah. Namun, kondisi yang terjadi sekarang justru sebaliknya, relatif sepi.
Sepinya penjualan tiket melalui agen travel ini  dikeluhkan salah satu travel penjualan tiket pesawat di Belitung. Salah satu pemilik agen tiket Rara Travel Iskandar mengatakan, sudah dua tahun ini penjualan tiket di konter miliknya saat menjelang lebaran sepi pembeli. Belum diketahui pasti penyebab utamanya. Namun, Iskandar menduga, salah penyebab utamanya, adalah masyarakat lebih memilih membeli tiket secara online dari pada di konter.
“Beda dengan tahun 2013 lalu. Kami sempat kualahan menerima pesanan dari pembeli tiket pesawat dengan tujuan Tanjungpandan-Jakarta. Namun sekarang sepi,” ujar Iskandar kepada Belitong Ekspres, Senin (13/7) kemarin.
Dijelaskan Iskandar, saat ini harga tiket di Belitung masih stabil bahkan ada penurunan harga tiap menitnya. Dari Tanjungpandan ke Jakarta, harga mulai tangal 13 hingga 16 Juli mendatang masih kisaran Rp 396 ribu, dan turun menjadi Rp 388 ribu. (Harga ini saat BE menanyakan ke pihak travel , Senin (13/7), kemarin sekitar pukul 10.00 WIB).
“Harga tersebut masih naik turun. Dan harga maksimal untuk pembelian pada hari H diperkirakan mencapai Rp 500 hingg Rp 600 ribu,” ujar pria pemilik toko yang terletak di Kawasan Jalan Air Raya ini.
Iskandar juga menjelaskan, hal yang berbeda sebaliknya terjadi ke penerbangan Jakarta – Tanjungpandan. Harga tiket rata-rata mencapai dua hingga tiga kali lipat. Yakni mencapai harga Rp 800 hingga Rp 900 ribu.
“Bahkan harga tiket bisa mencapai Rp 1,2 juta pada penerbangan (15/7) mendatang. Namun, untuk penerbangan tangal (16/7) tiket sudah habis. Kecuali dari Bangka, itupun harganya sudah tembus Rp 900 ribu,” pungkasnya.
Sementara itu, berdasarkan penelusuran Belitong Ekspres melalui penjualan tiket online Trv.com tadi malam, sekitar pukul 21.30 WIB, harga tiket Tanjungpandan-Jakarta untuk semua maskapai sekali jalan, di kisaran Rp.591.000 hingga Rp 953.000,-.  Harga ini untuk perjalanan tanggal 15 Juli 2015. Sementara untuk Lion Group dengan pesawat Wings Air dengan tujuan Jakarta melalui Pangkalpinang Bangka juga dirilis mulai Rp 1 jutaan.
Lantas untuk perjalanan balik, Jakarta-Tanjungpandan dengan tanggal yang sama (15/7) tidak ditemukan informasi tiket yang dijual dengan kemungkinan tiket sudah habis terjual. Kemduian, BE coba menelusur di tanggal 16 Juli, kondisinya juga sama, tak ada informasi tiket alais tiket sudah habis.(kin)

Baca Juga:  Aparatur Desa Diberi Pelatihan Perencanaan Kepariwisataan

Tags:
author

Author: