Hari Ini 300 Orang Kontak Erat Pasien Positif di Beltim Diambil Sampel Swab

by -
Hari Ini 300 Orang Kontak Erat Pasien Positif di Beltim Diambil Sampel Swab
Ilustrasi pengambilan sampel swab.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Sebanyak 300 orang hasil tracking terhadap warga yang pernah riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi positif Corona atau Covid-19 di Kabupaten Beltim akan dilakukan pengambilan sampel swab hari ini (Senin, 27/7).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Beltim Supeni mengatakan, pengambilan sampel swab ini mendatangkan logistik dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Kita lagi nunggu logistik dari provinsi, rencananya besok pagi akan dikirim lewat pesawat. Rencana besok (hari ini) mulai dilakukan Swab,” ungkap Supeni kepada Belitong Ekspres, Minggu (26/7).

Dikatakan Supeni, pengambilan sampel swab dilakukan bertahap dengan sistem skala prioritas. “Nanti dipilih dulu mana yang lebih prioritas, yang benar-benar kontak langsung, tidak memakai masker, terutama yang ada gejala, yang bergejala kita lakukan dulu,” ujar Mak Pen sapaan akrabnya.

Adapun lanjut Mak Pen, 300 orang tersebut sebagian besar merupakan warga kecamatan Manggar. “Yang paling banyak manggar akan dilakukan terlebih dahulu, karena orang tersebut banyak berkontak di Manggar,” urainya.

Mak Pen menambahkan, bahwa terhadap masyarakat yang masuk dalam daftar tracking tersebut, diminta untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari kedepan.

“Mereka yang kontak diminta isolasi mandiri, sesuai arahan sampai menunggu hasil, mereka 14 hari dimintai isolasi mandiri. Hingga saat ini yang pernah kontak itu sekitar 300-an, itu akan terus kita lakukan pendataan, kita melakukan pengumpulan data,” tandasnya.

Sekedar diketahui, tracking kali ini berjumlah sangat fantastis. Lebih dari 300 orang yang pernah riwat kontak terhadap klaster kepala SMKN 1 Manggar. Tiga orang itu yaitu Perawat di RSUD Beltim (32), penjual mie ayam AK SU (51) dan Sopir travel RA (51), yang tentunya memiliki riwayat aktifitas terhadap masyarakat ramai. (dny)