Hari ini, Imam Nahrawi Akan Buka Liga Piala Menpora

by -

*13 Tim Siap Berlaga di Piala Menpora 2015 di Beltim

foto A Liga Menpora - Copy

Rapat persiapan Liga Piala Menpora yang dihadiri oleh Wakil Ketua Pelaksana, sekaligus Wakil Bupati Beltim, Zarkani Mukri, Ketua BASRI, Eddy Sofyan, dan anggota BASRI lainnya seperti Nugraha Besoes, Kepala SKPD di Jajaran Pemkab Beltim, Camat, dan Kades, di ruang rapat Bupati Beltim, Senin (3/8) kemarin.

MANGGAR – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Imam Nahrawi, dipastikan pada hari ini, Selasa (4/8) siang, akan datang ke Belitung Timur (Beltim). Kedatangan tersebut untuk membuka perhelatan kompetisi akbar yang digelar Badan Sepakbola Rakyat Indonesia (BASRI), yakni Liga Desa Indonesia (LIDI) tertajuk Piala Menpora 2015.

“Yah, pak Menteri (Menpora-red) dipastikan akan datang, dan akan membuka resmi Piala Menpora yang akan dilaksanakan di Stadion Utama Beltim Pelangi Desa Sukamandi kecamatan Damar, besok Selasa (4/8) hari ini,” ungkap Sekretaris pelaksana Evi Nardi saat ditemui harian ini usai mengadakan rapat persiapan di ruang rapat Bupati Beltim, Senin (3/8) kemarin.

Rapat persiapan dihadiri oleh Wakil Ketua Pelaksana, sekaligus Wakil Bupati Beltim, Zarkani Mukri, Ketua BASRI, Eddy Sofyan, dan anggota BASRI lainnya seperti Nugraha Besoes. Selain itu, hadir pula Kepala SKPD di jajaran Pemkab Beltim, Camat, dan Kades.

Satu hari menjelang dibukanya kompetisi yang digelar BASRI panitia besar LIDI, terus berbenah mempersiapkan segalanya. Pasalnya kegiatan yang dibawah bendera BASRI terkesan mendadak. Namun dengan kesiapan dan terlaksananya kegiatan ini panitia akan sekuat tenaga melakukan yang terbaik.

Sekretaris pelaksana, Evi Nardi menambahkan sebelumnya ada 22 tim/Provinsi yang direncanakan akan berlaga di kompetisi ini. Namun setelah rapat kembali menyusut menjadi 13 tim/Provinsi yang siap berlaga.

“Setelah dikonfimasi ulang, hanya 13 tim/Provinsi dan satu Provinsi Jambi yang mengatakan siap dan masih menunggu kepastiannya. Jadi jika Provinsi Jambi juga akan siap datang maka akan ada 14 tim/Provinsi nantinya. Dan dari 13 tim/Provinsi yang akan berkompetisi maka panitia sudah menyiapkan 4 lapangan pertandingan dan dibuat menjadi 3 Group nantinya,” terang Evi Nardi.

Sementara itu Kepala Bidang Perwasitan dan Pengawasan pertandingan, Rosli juga membenarkan jika pada liga ini akan diikuti oleh 13 tim/Provinsi dan satu tim/Provinsi masih menunggu kabar yakni tim dari Jambi.

“Akan ada 13 tim yang akan berlaga dan dari 13 tim ini akan dibagi menjadi 3 Group dan memakai 4 lapangan pertandingan. Yakni, lapangan sepakbola Stadion mini Damar, lapangan sepakbola Desa Mempayak, Stadion mini Gantung, dan Stadion mini Desa Padang Manggar, sedang Stadion utama Beltim, akan di gunakan pada fase pembukaan dan juga penutupan/final,” tutur Rosli.

Sedangkan pembagian tim/Provinsi untuk wilayah Kecamatan Gantung, Stadion mini Gantung (Group A), akan dihuni tim dari Babel, Papua Barat, Banten, dan Sulawesi Tengah. Sedangkan untuk diwilayah Kecamatan Manggar, Stadion mini Desa Padang Manggar (Group B), akan dihuni oleh tim dari Papua, Sumatera Barat, Bengkulu dan Maluku Utara, “Untuk wilayah Kecamatan Damar, Stadion mini Damar dan lapangan Sepakbola Desa Mempayak (Group C), akan duhuni oleh tim Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, dan DKI Jakarta,” jelas Rosli.

Sedangkan untuk tim/Provinsi Babel, lanjut Rosli, sesuai SK BASRI Pusat, akan diperkuat pemain yang pernah membela Beltim di ajang Porprov lalu.

“Untuk kesiapan pemain yang membela Babel, rencana akan kita siapkan pemain yang pernah membela Beltim yang pernah juara di ajang Porprov lalu,” pungkasnya.

Untuk tim yang akan berlaga di pertandingan perdana hari ini Selasa (3/8), kick off pukul 15.30 WIB. Tim Provinsi Babel akan berhadapan dengan tim Provinsi Banten. Sebelumnya akan dilakukan pembukaan oleh liga piala Menpora oleh Menpora, Imam Nahrawi dan yang juga akan dihadiri oleh Gubernur Babel, Rustam Effendi serta tamu undangan lainnya.

“Kami juga mengundang kepada seluruh masyarakat Beltim dan sekitar untuk menyaksikan perhelatan akbar sepak bola tanah air kita. Karena ini adalah sepak bola rakyat, seluruh pertandingan gratis, dan hanya untuk rakyat,” ajak Rosli. (feb)

Kecamatan Gantung, Stadion mini Gantung (Group A).
1.Babel
2.Papua Barat
3.Banten
4.Sulawesi Tengah.

Kecamatan Manggar, Stadion mini Desa Padang Manggar (Group B).
1.Papua
2.Sumatera Barat
3.Bengkulu
4.Maluku Utara

Kecamatan Damar, Stadion mini Damar dan lapangan Sepakbola Desa Mempayak (Group C).

1.Jawa Barat
2.Nusa Tenggara Timur (NTT)
3.Sumatera Utara
4.Kalimantan Selatan
5.DKI Jakarta