Hari Ini Label Isolasi Mandiri Mulai Dipasang di Rumah Terpapar Covid

by -
Hari Ini Label Isolasi Mandiri Mulai Dipasang di Rumah Terpapar Covid
Sosialisasi Penanganan Covid-19 dengan Desa/Kelurahan yang masuk zona merah di Gedung Serba Guna (GSG), Selasa (18/5).

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Bupati Belitung H. Sahani Saleh menyatakan, mulai Rabu (19/5) hari ini stiker atau label Isolasi Mandiri Covid-19 akan dipasang di rumah warga yang sedang menjalani perawatan infeksi virus tersebut.

“Stiker Isolasi Mandiri Covid-19 sudah mulai dicetak dan akan mulai dipasang. Hal ini dilakukan guna menghindari penyebaran agar tidak lebih meluas,” katanya kepada Belitong Ekspres usai Sosialisasi Penanganan Covid-19 dengan Desa/Kelurahan yang masuk zona merah di Gedung Serba Guna (GSG), Selasa (18/5).

Selain itu kata Bupati yang akrab disapa Sanem, untuk rumah warga yang terpapar virus Covid-19 juga tetap akan dilakukan penyemprotan disinfektan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Kita juga akan mengefektifkan tim mulai dari desa sampai ke Kabupaten guna menegakkan disiplin protokol kesehatan, terutama di tempat-tempat keramaian dan umum,” sebut Sanem.

Dikatakannya, berkaitan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) juga bakal diterapkan. Penerapan bagi wilayah atau lokasi terdapat warga positif Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri.

“Contohnya, dalam suatu lingkungan RT terdapat warga yang positif, maka akan ada pembatasan di wilayah tersebut, bukan satu desa yang dilakukan PPKM. Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat ini juga akan dioptimalkan di lokasi kerumunan, warung kopi dan tempat keramaian,” jelasnya.

Oleh sebab itu, dirinya meminta kepada masyarakat agar disiplin menjalankan Protokol Kesehatan. Pasalnya, kalau ada satu yang terpapar maka akan berdampak kepada semua baik itu efek sosial dan lain sebagainya. (rez)