Hari Ini Paslon Pilkada Diumumkan

by -

*Hari Selasa Besok Pengundian Nomor Urut

MANGGAR – Pengumuman  penetapan pasangan calon (paslon) Pilkada Kabupaten Belitung Timur (Beltim) 2015 akan digelar Senin (24/8) hari ini. Namun hingga saat ini Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Beltim, belum memberikan kepastian berapa paslon yang resmi lolos Pilkada.

Ketua KPUD Beltim, Pirmawan, melalui Komisionernya Suro M Siregar yang ditemui harian ini Minggu (23/8) kemarin mengatakan pengumuman paslon resmi digelar pukul 10.00 WIB, senin pagi hari ini.

“Sebenarnya Kami (KPUD Beltim) sudah lakukan pemeriksaan dan penelitian lebih lanjut terkait paslon yang akan berhak maju ke Pilkada Beltim, sejak 7 hingga 14 Agustus kemarin. Semua hasil sudah didapatkan, namun karena dan sesuai agenda dari KPU RI bahwa pengumumannya baru akan kita umumkan besok Senin (24/8) pagi. Pengumuman rencananya digelar di Kantor KPUD Beltim. Selanjutnya, akan dilakukan pengundian nomor urut paslon, tepatnya lusa, Selasa (25/8),” ujar Suro, menerangkan.

Disinggung tentang kepastian jumlah paslon yang lolos, dirinya belum dapat memberikan keterangan secara pasti. “Berapa yang lolos menanti pengumuman resmi sajalah, karena jika sudah diinfokan, siapa yang lolos dan tidak kan tidak seru jadinya,” tegasnya, sembari tersenyum.

Suro melanjutkan, proses kampanye para paslon resmi digelar mulai 27 Agustus. Untuk pelaporan data awal dana kampanye dilakukan satu hari sebelumnya, 26 Agustus.

Pada acara pengumuman, yang akan diundang adalah paslon, parpol, dan juga undangan lainnya. Sama halnya pas pengundian nomor urut pada Selasa (25/8), dan itu jelas paslon harus dan wajib datang. Karena kegiatan akan dilanjutkan dengan pendeglarasian kampanye damai oleh paslon dan juga parpol, yang rencana akan dilaksanakan di pantai Nyiur Melambai Manggar.

Sebelumnya tercatat ada tiga paslon yang telah mendaftarkan diri ke KPUD Beltim. Paslon pertama adalah pasangan incumbent Basuri T Purnama – Fezzy Oktolseja, yang diusung Partai PDIP, dan Nasdem.

Paslon kedua adalah Yuslih Ihza – Burhanudin yang diusung Partai PBB dan Gerindra, dan didukung oleh Partai Golkar, PPP, dan PAN. Dan Paslon ketiga, yakni Usmandi Andeska – Musdiana yang diusung oleh partai Hanura dan PKS. (feb)