Hari Kartini, Polwan Berpakaian Kebaya Bagikan Cokelat

by -

foto A

Polwan Polsek Gantung, mengenakan kebaya saat memberikan Cokelat kepada pegawai wanita di salah satu Bank di Kecamatan Gantung, Selasa (21/4) kemarin. Inset foto pemberian coklat di salah satu Warkop kawasan Pujamas Desa Lenggang.

GANTUNG – Dalam rangka memperingati Hari Kartini, yang jatuh pada Selasa (21/4) kemarin, Polwan-polwan cantik di Polsek Gantung Kecamatan Gantung menggunakan Kebaya sekaligus membagikan Cokelat sebagai tanda peringatan emansipasi wanita.

Pantauan Belitong Ekspres, dua orang anggota Polwan dan dibantu petugas staf wanita dari Polsek Gantung, memakai pakaian kebaya saat membagikan cokelat yang dibagikan kepada pekerja wanita. Coklat dibagikan kepada karyawati Perbankan, hingga pelayan warung kopi yang ada di kawasan Pujamas Desa Lenggang Kecamatan Gantung.

Kapolres Beltim, AKBP Nugrah Trihadi Sik, melalui Wakpolres Beltim, Kompol Dadang Kurniawan Sik, mengatakan tujuan mengenakan kebaya tak lain untuk memperingati Hari Kartini. Polwan memakai pakaian adat sebagai upaya menghilangkan kesan lain dimasyarakat dan melakukan pendekatan lebih humanis.

“Ini kan kebanyakan mereka (pekerja wanita-red) dari luar daerah dan datang ke Pulau Belitung ini untuk mencari nafkah. Itu merupakan bagian dari perjuangan, karena dulu perjuangan beda dengan saat ini,” ungkap Wakapolres Beltim.

Untuk itulah, pihaknya menghargai bagian perjuangan mereka dengan memperingati Hari Kartini dan memberikan berupa cokelat sebagai tanda perjuangan selama ini dalam melakukan perjuangan mencari nafkah.
Sementara itu, Kapolsek Gantung, Iptu Ryan Faisal yang juga turun langsung ke lapangan, menambahkan, kegiatan ini dilaksakan sekaligus memperkenalkan polwan polwan yang ada di Polsek Gantung. Selain itu, ia mengajak masyarakat untuk ikut dalam rengkrutmen anggota polwan pada pendaftaran tahun ini.
“Kami sengaja lakukan ini guna mendekatkan dan memperkenalkan Polwan di mata masyarakat. Dan ini juga merupakan bagian dari patroli kamtibmas yang dilakukan oleh Polres Beltim pada umumnya dan Polsek Gantung pada khususnya,” kata Iptu Ryan Faisal.
Dari pantauan harian ini pelayan warung kopi merasa senang saat diberikan Cokelat oleh Polwan cantik. Bahkan di antaranya ada yang tidak mengetahui bahwa dalam rangka apa mereka (Polwan, red) memberikan Cokelat tersebut.
“Saya tak ingat hari ini hari besar apa, yang pasti saya tahu hari ini hari Selasa dan tanggal 21. Tapi setelah diberitahu rupanya hari Kartini,” ucap seorang pelayan dengan lugunya. (feb)