Hari ke-3 Puasa, Harga Bahan Pokok di Belitung Relatif Stabil

by -
Hari ke-3 Puasa, Harga Bahan Pokok di Belitung Relatif Stabil
Kepala Bidang Usaha Perdagangan Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Rita Yuliani memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Tradisional Tanjungpandan.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Memasuki hari ke 3 bulan puasa Ramadan 1442 Hijriah, harga kebutuhan bahan pokok dan bumbu dapur di Pasar Tradisional Tanjungpandan, Belitung relatif stabil.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Usaha Perdagangan Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Rita Yuliani kepada Belitong Ekspres Kamis (15/4) kemarin.

“Untuk kebutuhan bahan pokok di minggu pertama bulan ini relatif stabil. Cuman harga ayam potong yang cenderung naik dari harga sebelumnya Rp 38 ribu perkilogram kini dijual Rp 42 ribu perkilogramnya,” kata Rita

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk stok beras ada sekitar 650 ton. Jumlah tersebut dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. “Jumlah stok beras diperkirakan bisa untuk selama tiga bulan ke depan,” jelasnya.

Menurut Rita, berdasarkan rekapitulasi dan peninjauan di lapangkan, harga kebutuhan bumbu dapur juga relatif stabil. Seperti cabe Jakarta dijual dengan harga Rp 80 ribu perkilogram, sedang cabe rawit Belitung dijual dengan harga Rp 65 ribu perkilogram.

Kemudian bawang merah brebes Rp 40 ribu perkilogram, bawang merah besar Rp35 ribu perkilogram, bawah putih dijual dengan harga Rp 28 ribu perkilogram. Sedangkan kacang kedelai Rp 10 ribu perkilogram, kacang tanah Rp 26 ribu perkilogram dan kacang hijau Rp 24 ribu perkilogram.

“Untuk daging sapi dijual Rp 130 ribu perkilogram, daging sapi lamur Rp 100 ribu perkilogram dan daging sapi tetelan Rp 80 ribu perkilogramnya. “Harga daging sapi juga sejauh ini masih normal,” sebut Rita.

Dia menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok selama bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. “Sejauh ini harga masih relatif stabil, untuk itu kami harapkan masyarakat dapat berbelanja dengan bijak sesuai keperluan dan kebutuhan,” pungkasnya. (rez)