Hari Pencoblosan Pekerja dan Buruh Libur

by -

maskot pemilu
maskot pilkada

MANGGAR – Kabar gembira bagi pekerja dan buruh di Kabupaten  Belitung Timur (Beltim), karena pada hari Pencoblosan Pilgub Babel Rabu (15/2) ditetapkan sebagai hari libur Nasional.

Hari libur nasional tersebut, sesuai surat edaran Bupati Beltim, Yuslih Ihza,SE yang ditujukan kepada semua Direktur/Pimpinan Perusahaan yang ada di Kabupaten Beltim.

Surat edaran bernomor 560/04/DTK-KUMK/III/2017 tentang hari libur bagi pekerja/buruh pada hari pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Babel 2017.

“Surat edarannya sudah kita sampaikan,”kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Koperasi UKM Beltim, Erna Kunondo, Belitong Ekspres, Senin (13/2) kemarin.

Erna mengatakan penetapan ini juga sesuai dengan keputusan dan tercantum dalam Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2017 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2017 sebagai Hari Libur Nasional.

Dengan adanya penetapan hari libur nasional ini diharapkan bisa memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk berpartisipasi pada pelaksanaan Pilkada.

“Dalam hal ini pekerja dan buruh harus bekerja pada hari pemungutan suara, maka pengusaha harus mengatur waktu kerja sedemikian rupa agar pekerja/buruh dapatt menggunakan hak pilihnya,” jelas Erna.

Erna menambahkan pekerja dan buruh yang bekerja pada hari tersebut, juga berhak atas upah kerja lembur dan hak hak lainnya yang biasa diterima seperti dipekerjakan pada hari libur resmi. (feb)