Hari Pertama Coklit, KPU Beltim Awali Dengan Gerakan Klik Serentak

by -
Hari Pertama Coklit, KPU Beltim Awali Dengan Gerakan Klik Serentak
Ketua KPU Beltim, Rizal

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Hari pertama Pencocokan dan Penelitian (Coklit) tahapan Pilkada Beltim 2020 diawali dengan gerakan klik serentak di kantor KPU Beltim. Hal serupa juga berlaku di seluruh jajaran penyelenggara teknis se Indonesia.

“(Hari ini) ada kegiatan di seluruh Indonesia yaitu gerakan klik serentak dari kantor semuanya. Untuk mulai coklit perdana itu tanggal 18 Juli. Jadi pada tanggal 15 ada satu kegiatan (gerakan klik serentak),” ujar Ketua KPU Beltim, Rizal saat dikonfirmasi Belitong Ekspres, Rabu (7/15).

Rizal juga mengkonfirmasi seluruh petugas PPDP telah ditetapkan dan mendapatkan bimbingan teknis terkait cara kerja mereka di lapangan yakni memastikan data pemilih potensial Pilkada 2020. Tak hanya itu, KPU juga telah membekali PPDP dengan alat pelindung diri (APD) sebagaimana aturan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

“(PPDP) sudah ditetapkan dan siap bekerja, APD siap. Kami sudah dari dulu sudah menginformasikan sesuai PKPU tahapan coklit tanggal 15 sampai 19 Agustus. Ini dimulai dengan gerakan klik serentak dengan mengunjungi situs lindungihakpilihmu.kpu.go.id serentak seluruh Indonesia,” jelas Rizal.

Terkait pelaksanaan coklit tanggal 18 Juli mendatang, Rizal mengatakan mengawalinya dengan mendatangi beberapa pejabat dan tokoh masyarakat di wilayah masing-masing. KPU Beltim sendiri akan mendampingi coklit oleh PPDP yang mendata di kediaman Bupati, Wakil Bupati, Sekda dan sejumlah pejabat lainnya.

“Sebelumnya kita akan apel pada hari itu (18 Juli). Minimal 5 orang, tokoh masyarakat, tokoh agama, pejabat pemerintahan di coklit pada tanggal 18 di TPS atau desa. Nanti petugas ke rumah Bupati, Wakil Bupati sesuai alamat,” kata Rizal.

Rizal memastikan petugas PPDP akan melakukan pendataan dari rumah ke rumah. Pendataan ini merupakan pemutakhiran data pemilih berdasarkan DP4 yang dijadikan acuan selama tahapan Coklit. “PPDP di TPS yang akan dilibatkan untuk mencoklit. Kami akan mengawal dan monitoring. Kami juga akan sebarluaskan ke media massa,” tutupnya. (msi)