Hasil Lelang Jabatan Sudah Dibawa Ke KASN

MANGGAR – Badan Kepegawaian Pembinaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Belitung Timur sudah mengantongi tiga nama calon Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) hasil seleksi terbuka beberapa waktu lalu. Nama-nama tersebut akan segera dibawa ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta Besok, Rabu (16/5).

Sebelumnya ada 9 nama yang diajukan oleh Panitia Seleksi JPTP Kabupaten Beltim. Tiga nama yang terpilih merupakan pilihan dari Bupati Beltim selaku Pengguna (user).

Tiga nama tersebut untuk Kepala BKPSDM, Kepala Dinas Perhubungan, dan Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Sedangkan untuk Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja akan diadakan seleksi terbuka ulang.

RajaBackLink.com

“Sudah sama kita (tiga nama yang dipilih-red), kita sedang susun berkasnya sekarang. Kalau tidak besok, paling lambat lusa kita diajukan ke KASN,” ungkap Kepala Bidang Mutasi dan Promosi Aparatur BKPSDM Kabupaten Beltim, Mudiarsono saat dihubungi Diskominfo Beltim, Selasa (15/5).

Yayan sapaan Mudiarsono mengatakan meski sudah mengantongi nama-nama calon pejabat tersebut namun tetap harus menunggu rekomendasi KASN. Biasanya hasil rekomendasi KASN baru bisa keluar paling cepat satu minggu setelah diajukan. “Pelantikannya setelah keluar rekomendasi dari KASN, itu sudah aturannya. Kapan pastinya itu tergantung Bupati,” kata Yayan.

Baca Juga:  Magang di Panasonic, Peserta Beltim Alami Kemajuan Pesat

Sehari sebelumnya, Senin (14/5), Bupati Beltim Yuslih Ihza mengatakan sedang menimbang-nimbang siapa yang akan dipilihnya untuk menjadi pembantunya. Ia menekankan tiga nama yang dipilihnya pasti berasal dari 9 nama yang diajukan.

“Nah kalau itu, saya belum putuskan mau pilih siapa diantara 9 orang ini. Yang jelas saya akan pilih yang terbaik dari yang paling baik,” katanya seusai Sosialiasi Program GISA di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Beltim.

Pelantikan Ditunda Hingga Sebelum Libur Lebaran

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Beltim, Ikhwan Fahrozi mengatakan pelantikan bagi calon JPTP akan dilakukan sebelum libur hari raya. Namun ia belum bisa memastikan tanggal pastinya.

Sebelumnya sempat beredar kabar di kalangan Pegawai Pemkab Beltim jika akan ada pelantikan pejabat pada Selasa (15/5) atau Rabu (16/5) ini. Namun dikarenakan padatnya agenda kegiatan pemerintah baik dari Kabupaten, Provinsi maupun Pusat maka pelantikan urung dilaksanakan.

“Agenda pelantikan memang kita rencanakan sebelum Ramadhan. Namun karena banyaknya agenda pemerintah lain yang harus dilaksanakan sebelum bulan puasa ini jadi kita undur,” ujar Ikhwan.

Baca Juga:  Tambang Longsor, Empat Pekerja Tertimbun

Pada saat pelantikan nanti, Ikhwan menyatakan tidak menutup kemungkinan pelantikan bukan hanya untuk JPTP. Namun juga pejabat lainnya khususnya esselon III, untuk mengisi kekosongan jabatan akibat ditinggal pejabat lama.

“Kita bicarakan dulu, lihat waktunya memungkinkan atau tidak. Kalau bisa sekaligus, kalau tidak, kita utamakan yang tiga orang hasil seleksi ini dulu,” kata Ikhwan.

Terkait JPTP Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja, Ikhwan mengungkapkan akan dilaksanakan lelang ulang kembali. Hal ini mengingat para peserta seleksi nilainya masih di bawah yang ditentukan. “Kita akan lelang ulang, karena passing gradenya tidak memenuhi standard. Ini menyangkut kredibilitas panitia dari KASN, mereka dak berani ngasih rekomendasi,” ungkap Ikhwan.

Waktu pelaksanaan seleksi terbuka tergantung dengan ketersediaan anggaran. Jika memungkinkan akan dilaksanakan seusai ‘Ketuk Palu’ Anggaran Belanja Tambahan (ABT)/ APBD Perubahan tahun 2018.

“Kita lihat kemampuan anggaran, kalau ABT ini ada tambahan anggaran kita laksanakan. Bukan hanya yang Satpol saja, tapi semua JPTP yang kosong untuk pembenahan birokrasi di OPD yang belum memiliki kepala OPD yang definitif,” tutupnya. (Rilis Kominfo Beltim)

Tags:
author

Author: