Hasil Pengawasan Loka POM Belitung, Semua Bahan Pangan Dijamin Aman

by -
Hasil Pengawasan Loka POM Belitung, Semua Bahan Pangan Dijamin Aman
Pengawasan bahan pangan di salah satu swalayan di Tanjungpandan, Senin (10/5).

belitongekspres.co.id TANJUNGPANDAN – Guna memberikan jaminan pangan yang aman kepada masyarakat menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah, Loka POM Kabupaten Belitung, melakukan pengawasan.

Intensifikasi pengawasan bahan pangan bersama Pemerintah Daerah Belitung ini, dilakukan dengan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah pusat perbelanjaan di Tanjungpandan, Senin (10/5).

Pengawasan ini meliputi sarana distribusi pangan. Yakni terkait aspek cara ritel pangan yang baik. Selain itu difokuskan pada produk Tanpa Izin Edar (TIE), rusak dan kadaluwarsa.

Untuk hari ini, Loka POM Kabupaten Belitung mengambil sebanyak 66 sample makanan. Hasilnya semua dinyatakan memenuhi standar dan aman.

Bupati Belitung H Sahani Saleh yang turun langsung dalam Sidak mengatakan, mereka mendatangi sejumlah swalayan. Selain itu, juga dilakukan tes kandungan yang ada di makanan tersebut.

“Hari ini ada 11 titik yang kita datangi. Setelah itu kita ambil sample. Hasilnya, seluruh makanan dan jajanan yang dijual bisa dikatakan higienis dan boleh dikonsumsi,” kata Bupati Belitung.

Pria yang akrab disapa Sanem menjelaskan, pengecekan bahan pangan itu dilakukan untuk mencegah adanya barang kadaluwarsa yang dijual di pasaran.

Selain tidak ditemukan adanya barang yang ada rusak ataupun kadaluwarsa, menjelang lebaran, harga bahan pangan tetap stabil tidak ada kenaikan.

“Kami berharap pihak pemilik swalayan tidak menaikan harga. Bahkan kalau bisa menurunkan harga atau ada diskon,” pungkas Sanem.

Sementara itu, Kepala Loka POM Kabupaten Belitung, Singgih Prabowo Adi menghimbau kepada masyarakat untuk menjadi konsumen yang cerdas.

“Caranya memilih pangan yang aman yaitu, usahakan selalu mengecek klik, cek kemasan, cek lable, cek izin edar dan juga cek tanggal kadaluwarsa,” kata Singgih. (kin)