Hasil Rekapitulasi KPU Beltim, Paslon Berakar Raih 53.08 % Suara

by -
Hasil Rekapitulasi KPU Beltim, Paslon Berakar Raih 53.08 % Suara
Saksi saat menandatangani hasil rekapitulasi penghitungan suara, tadi malam.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Beltim Burhanudin – Khairil Anwar meraih hasil suara tertinggi di Pilkada Serentak 2020. Hal itu berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kabupaten di Auditorium Zahari MZ, Komplek Perkantoran Terpadu Pemerintah Daerah (Pemda) Beltim, Minggu (13/12) tadi malam.

Pada pemilihan suara yang digelar Rabu (9/12) lalu, pasangan calon (paslon) yang bertagline Berakar meraih total sebanyak 36.255 suara (53.08 %). Paslon dengan nomor urut 01 ini mengalahkan rivalnya paslon nomor urut 02 Yuri Kemal Fadlullah – Nurdiansyah (Beltim Kaya) yang hanya memperoleh 31.087 suara (46.02 %).

Dalam pesta demokrasi ini, ada sebanyak 89.790 Daftar pemilih tetap (DPT) di 247 TPS. Dari pencoblosan suara sah sebanyak 67.342 dan suara tidak sah 2224. Total suara sah tidak sah 69.566. Sedangkan untuk tidak mencoblos (Golput) ada sebanyak 20.224.

Ketua KPU Beltim Rizal mengatakan, hasil rekapitulasi penghitungan tingkat kabupaten sudah dilaksanakan. Alhasil pasangan Berakar unggul, dengan total perolehan suara 36.225. “Setelah penghitungan ini masih ada satu rapat pleno lagi. Yakni penetapan pemenang di Pilkada Beltim, namun untuk waktunya belum kita tentukan,” kata Rizal.

Rizal menjelaskan untuk penetapan pemenang Pilkada pihak KPU Beltim masih menunggu register dari Mahkamah Konstitusi (MK). Selain itu, juga mereka masih menunggu sikap dari masing-masing calon peserta di Pilkada Beltim 2020.

“Kita masih nunggu apakah ada gugatan atau tidak, dengan hasil rekapitulasi ini. Kami masih menunggu. Jika tidak ada gugatan, kemungkinan rapat pleno penetapan calon bupati terpilih bisa dipercepat,” pungkasnya.

Sementara itu, dari pernyataan Tim Paslon Berakar yang diwakili Suhendi mengaku tidak keberatan dengan hasil rekapitulasi tingkat kabupaten tersebut. Bahkan dia menyebut hasil hitung KPU Beltim singkron dengan hitungan timnya.

Hal yang sama juga diungkapkan perwakilan pasangan Yuri – Anca, yakni Agus Firmansyah. Namun, dia protes dengan adanya beberapa kejanggalan dari penghitungan suara di tingkat kabupaten. Meski begitu mereka tetap menerima.

Di sisi lain, Bupati Beltim Yuslih Izha melalui Staff Ahli Setda Kabupaten Beltim Sarjono mengatakan, pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati Beltim telah berjalan sesuai tahapan. Mulai penghitungan di Tempat Pengumutan Suara (TPS) hingga ke tingkat kecamatan.

Kali ini penghitungan suara di tingkat kabupaten. Setelah pemilihan tersebut, dia mengucapkan terima kasih kepada partai politik (parpol), yang turut partisipasi dalam pilkada tahun 2020, yang berlangsung pekan lalu.

“Dalam pemilu ini berjalan berlangsung baik. Semua sesuai mekanisme. Yakni transparan dan terbuka. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada unsur TNI Polri yang mengamankan jalannya pilkada dengan baik,” kata Sarjono. (kin)