Hasil Tes Kesehatan Harus Terbuka

by -

MANGGAR –Setelah tiga pasangan bakal calon (Balon) yang maju Pilkada 2015 lolos tahap pendaftaran di KPUD Beltim, selanjutnya dilakukan tes kesehatan. Medical Check Up ketiga pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati Beltim yang didamping Komisioner KPUD dan Panwaslu, akan dilakukan di RSPAD Gator Subroto, Jakarta, Kamis (30/7) hari ini.
Sejumlah masyarakat berharap hasil pemeriksaan kesehatan tersebut, nantinya harus ada keterbukaan publik. Sebab, tahap pemeriksaan kesehatan rentan akan dugaan kecurangan.
“Di sini (Pada medical check up-Red), diperlukan peran media selaku kontrol sosial. Namun, pada kenyataannya, mereka tidak dilibatkan,” ujar Taufik warga Kecamatan Manggar, kepada Belitong Ekspres.
Taufik, khawatir bukan tidak mungkin bagi pasangan calon yang tidak lolos dalam tes kesehatan tertentu, kemudian kongkalingkong agar diloloskan. “Makanya, di es kesehatan pun diduga adanya potensi kecurangan,” katanya.
Kata dia, bukan masyarakat tak percaya dengan KPU dan Panwaslu. Namun dalam hal ini (keterbukaan publik) sangatlah penting bagi masyarakat yang intens mengikuti perkembangan tahapan-tahapan pilkada.
“Sederhana saja, kita ingin pilkada 2015 di Beltim Bersih dan Sehat dari berbagai kecurangan, itu saja,” tandasnya. (feb)