Hasil Tes Swab di RSMJ Belitung, WNA Perancis Terpapar Corona

by -
Hasil Tes Swab di RSMJ Belitung, WNA Perancis Terpapar Corona
Ilustrasi.

belitongekspres.co.id TANJUNGPANDAN – Seorang  Warga Negara Asing (WNA) berjenis kelamin laki-laki terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Belitung. Itu berdasarkan hasil pemeriksaan Uji PCR Spesimen Swab Tenggorokan dengan alat TCM di Laboratorium Biomedis RSUD dr. H. Marsidi Judono (RSMJ).

“Pasien 1412 inisial JN Laki-laki usia 66 tahun, hasil swab positif dan terkonfirmasi Positif Covid-19,” kata Bupati Belitung sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Belitung H. Sahani Saleh, S.Sos dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/9).

Menurut Bupati, pada tanggal 9 September 2020 pasien datang dari Negara Prancis, lalu transit 1 malam di Jakarta. Kemudian dia melanjutkan perjalanan ke Belitung dan tiba di Tanjungpandan pada tanggal 11 September 2020.

Setibanya di Tanjungpandan Belitung, pasien dilakukan rapid test pada hari itu juga di RSUD dr. H. Marsidi Judono. “Pasien 1412 ini dengan keluhan gejala panas, batuk dan pilek, hasil test menyatakan bahwa hasilnya non reaktif,” terang Bupati yang karib disapa Sanem.

Setelah itu, kata Sanem pasien dipulangkan ke rumahnya. Sebelum melakukan perjalanan ke Indonesia pasien juga sudah pernah melakukan tes Swab PCR sebanyak 3 kali di Prancis dengan hasil tes Negatif.

Selanjutnya, pada 19 September 2020 pasien itu mendatangi sebuah Rumah Sakit Swasta di Kabupaten Belitung, dengan tujuan untuk melakukan rapid test kembali, dan didapatkan hasil reaktif. “Keluhan yang dialami pasien adalah demam, sakit tenggorokan, batuk disertai dengan gambaran pneumonia dari hasil pemeriksaan radiologi,” sebutnya.

Kemudian setelah itu, pasien dianjurkan melakukan isolasi mandiri di rumah. Pada tanggal 21 September 2020 pasien dilakukan pengambilan Swab. “Hasil pemeriksaan lanjutan dengan alat TCM di Laboratorium Biomedis RSUD dr. H.Marsidi Judono, hasil tes menyatakan bahwa pasien terkonfirmasi positif Covid-19,” terang Sanem.

Sanem menambahkam, saat ini pasien sedang diisolasi dan diobservasi di RSUD dr. H. Marsidi Judono untuk menentukan tingkatan berat ringan penyakit untuk merencanakan penatalaksanaan selanjutnya.

“Pada era New Normal ini, kembali saya mengajak kepada seluruh masyarakat Belitung, agar senantiasa waspada dan mematuhi protokol kesehatan. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua, sehingga terbebas dari segala hal sakit-penyakit dan pandemi Covid-19 segera berlalu. Amiin Ya Rabbal Allamin,” harapnya.

“Jangan lupa pakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan jangan suka berkerumun. Tingkatkan kewaspadaan dalam menjaga kebersihan dan lingkungan,” tandas orang nomor 1 di Kabupaten Belitung tersebut. (dod)