Heboh, Cari Batu Kinyang Temukan Bom?

by -

foto B- tengah 1 benda mirip bom

Sugiarto, warga Dusun Bukit Jaya Desa Buding Kecamatan Kelapa Kampit dan Kades Buding, Mardini saat menunjukan benda yang diduga bom.

KELAPA KAMPIT – Warga Dusun Bukit Jaya Desa Buding, Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur kembali dihebohkan dengan penemuan benda mirip bom di kawasan lapangan tempur AWR Buding . Sebelumnya beberapa tahun lalu, benda yang sama juga ditemukan di lapangan tempur TNI AU HAS Hananjoeddin Tanjungpandan tersebut.

Kali ini benda mirip bom berbentuk tabung angin berwarna biru berukuran kurang lebih 2 meter itu, ditemukan warga bernama Sugiarto (37) Senin (23/3) kemarin sekira pukul 16.00 WIB. Penemuan berawal saat ia dan bersama empat orang temannya ingin mencari bongkahan Batu Kinyang di kawasan lapangan tempur AWR Buding.

“Kami kaget bang, ada benda berbentuk bom yang besar. Atas penemuan benda mirip bom ini, kami segera mencari bantuan dan memberikan informasi ini ke kepala Desa Buding,” terang Sugiarto kepada Belitong Ekspres, Senin (23/3) kemarin.

Sugiarto kembali mengatakan, ia dan rekannya hendak mencari bingkahan batu kinyang yang saat ini masih sedang booming.

“Menurut informasi di sini (lapangan tempur-red) banyak batu kinyang. Pas lagi asyik nyari, saya lihat ada benda berbentuk mirip bom dalam semak-semak,” ujarnya lagi dengan nada gugup.

Sementara itu, Danlanud HAS Hananjoeddin Tanjungpandan, Letkol Pnb Setiawan melalui Kepala Penerangan Lanud HAS Hananjoeddin Tanjungpandan, Letda Drajat Akrom, membenarkan jika adanya temuan benda yang diduga bom tersebut. Namun menurut dia, hingga kini kepastian bom dan jenisnya masih akan dicek.

“Benar adanya penemuan benda bentuk bom dan untuk kepastian dan demi keselamatan bersama kami akan lakukan pengecekan lebih lanjut. Jika memang kedepannya perlu tim demolisi maka Kami siap datangkan dari Mabes. Tapi nantilah kita cek kembali jenis dan kepastian tersebut,” terang Letda Drajat seraya menyebutkan panjang benda tersebut kurang lebih 2 meter sudah diamankan.

Atas penemuan benda mirip bom tersebut, Danlanud HAS Hananjoeddin Tanjungpandan, Letkol Pnb Setiawan melalui Letda Drajat Akrom, tak lupa mengucapkan terima kasih atas perhatian warga kepada TNI AU.

“Terima kasih kepada warga yang sudah membantu dan bekerjasama dengan kita (TNI AU, red). Dalam hal ini khususnya TNI AU HAS Hananjoeddin akan terus bekerja dan menciptakan rasa aman bagi warga Babel pada umumnya dan pulau Belitung pada khususnya. Kepada warga jika memang menemukan benda atau bentuk dan juga sejenisnya yang diduga mencurigakan segera laporkan,” pintanya. (feb)