Helliyana Ingin Dilindungi

by -

PANGKALPINANG – Anggota DPRD Bangka Belitung (Babel), Helliyana menginginkan adanya peraturan daerah (perda) yang akan melindungi tanah ulayat bagi masyarakat. Hal ini rencananya akan diperjuangan legislator perempuan dapil kabupaten Belitung bersama fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Babel.
“Ini akan kita masukan ke perda inisiatif, dan kawan-kawan fraksi mendukung rencanan ini untuk melestarikan tanah ulayat di Babel,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (25/8).
Ia menuturkan, tanah ulayat merupakan wilayah adat masyarakat. Sejauh ini, menurut dia masih bermasalah. “Seperti terjadi di Belitung, banyak tanah masyarakat dipinjam pakai untuk pembangunan tanpa realisasi. Dan ini sudah terjadi sudah puluhan tahun. Makanya kita berupaya untuk melindungi dengan perda,” terang Helliyana.
Ia melanjutkan, adanya perda akan memberikan status yang jelas bagi tanah ulayat masyarakat. “Ini juga sudah dilakukan di beberapa provinsi. Kita akan tinjau lagi, dan berharap ini dapat diwujudkan dengan perda,” imbuhnya.(iam)