Hijaukan Lingkungan, KPHP Gunung Duren Serahkan 4.152 Bibit Tanaman Buah

by -29 views
Hijaukan Lingkungan, KPHP Gunung Duren Serahkan 4.152 Bibit Tanaman Buah
Penyerahan bibit oleh Kepala UPT Dishut KPH Gunung Duren. (Istimewa)

belitongekspres.co.id, GANTUNG – Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui KPHP Gunung Duren kembali menyerahkan bibit tanaman buah kepada kelompok tani dan masyarakat desa Dendang yang merupakan salah satu penerima bibit tanaman buah yang ada di Belitung Timur.

Bibit tersebut diserahkan langsung oleh Kepala UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Gunung Duren Nurdiansyah (Anca), Senin 02/12/2019.

Adapun bibit tanaman yang diserahkan sebanyak 4.152, antara lain Durian Namlung, Mangga, Jambu Kristal, Jambu Madu Rambutan, Jeruk Sunkist, dan Nangka.

Penyerahan bibit tanaman buah tersebut disebar untuk 3 Kecamatan dan 15 Desa yang ada di Kabupaten Belitung Timur.
Kepala UPTD KPHP Gunung Duren, Nurdiansyah mengatakan bahwa bibit tanaman buah yang dibagikan ini merupakan varietas unggul yang memang dicanangkan melalui program Dana Bagi Hasil dan Reboisasi Hutan dan Lahan (DBH-DR).

“Apa yang sudah kami serahkan ini dapat ditanam dan dirawat dengan sebaik-baiknya,” tutur Anca.

“Selain itu, kami juga menyediakan bibit tanaman hutan lainnya yang dapat diambil masyarakat di areal persemaian kami yang berada di desa lilangan. Seperti Kepang (Gaharu), Kopi, Sengon, Jambu Mente dan Petai”.

Ini semua Gratis dan tidak dipungut biaya apapun, imbuh Anca, masyarakat sudah mau menanam dan merawat pun sudah merupakan sebuah harga dan kebanggaan untuk kami yang terbayarkan.

Dijelaskannya tujuan dari program DBH-DR ini selain untuk menghijaukan lahan di lingkungan sekitar juga dapat memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat ketika tanaman tersebut sudah berbuah.

“Mari sama-sama kita jaga hutan kita dan hijaukan lingkungan kita, sehingga kedepan anak cucu kita masih bisa merasakan, menikmati dan tahu akan pentingnya hutan bagi kehidupan”, tutup Anca.

Kepala desa Dendang, Erwin, sangat mengapresiasi akan program penyerahan bibit tanaman buah ini. Program ini sangat membantu kami khususnya masyarakat. Sehingga dengan bantuan bibit ini, bisa menambah pemahaman masyarakat akan kepedulian lingkungan.

“Sedangkan untuk proses distribusi bibit ini akan kami serahkan sebagian kepada masyarakat, kelompok dan sebagian akan kami tanam di fasilitas umum yang ada di desa seperti PAUD, tempat wisata, dan Balai Desa”, tutur Erwin. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *