Himbau Jangan Buka Lahan Dengan Membakar

by -

MANGGAR – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melalui Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menghimbau kepada Masyarakat Beltim pada umumnya untuk tidak melakukan Pembakaran Lahan di musim panas dan berangin seperti cuaca sekarang ini.

Himbauan tersebut disampaikan Kepala Satpol PP, Sudiono, melalui Kasi Damkar, Heryono Belitong Ekspres Kamis (13/8) kemarin. Ia berharap kepada masyarakat Beltim untuk membantu Pihak Damkar dengan tidak melakukan Pembakaran lahan, baik pembakaran dalam skala kecil maupun skala besar.

“Saya menghimbau di musim angin dan panas seperti sekarang ini, terutama masyarakat yang membuka lahan perkebunan. Jangan dulu melakukan pembakaran, karena di musim angin dan panas sekarang api sulit untuk dipadamkan, dan akan berakibat meluas,” pintanya.

Jika masyakat ingin membuka lahan perkebunan, Heryono menyarankan agar dengan menggunakan cara- cara lain selain membakar. Bukan hanya itu, ia pun menyarankan kepada warga masyarakat agar berhati-hati dalam masalah menghidupkan nyala api. Terutama di rumah tangga, untuk segera mematikan api kompor dan lainnya.

“Membuka lahan itu tak semestinya dengan cara membakar, bisa di bersihkan dengan cara mencangkul. Karena jika dibakar, kalau kecil masih bisa dijinakkan sendiri tetapi kalau sudah besar itu kan bisa sangat meresahkan. Kemudian juga dalam menggunakan kompor dan alat lain yang membahayakan terutama dengan jenis api dan lainnya. Sebab, hingga kini Beltim pada khususnya belum pernah turun hujan yang seperti kita harapkan, meski hanya sesaat,” tutupnya sembari menghimbau agar tidak membuang api rokok di lahan dan semak belukar. (feb)