Himbau Larang Anak Kendarai Motor

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

PANGKALPINANG – Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Bangka Belitung (Babel), Kombes Pol Agus Suryonugroho mengimbau masyarakat di Babel agar melarang anak mereka yang masih di bawah umur mengendarai sepeda motor karena berbahaya bagi keselamatan sendiri maupun orang lain.
“Peran orang tua sangat penting. Jangan biarkan anak di bawah umur mengendarai sepeda motor karena sangat berbahaya,” katanya, Minggu (26/7).
Ia mengatakan, hampir setiap hari pihaknya mendapati anak-anak di bawah umur mengendarai sepeda motor di jalan raya tanpa kelengakapan diri maupun kendaraan. “Anak-anak mengendarai sepeda motor itu tanpa ada rasa tanggung jawab seperti ugal-ugalan tanpa menggunakan helm. Selain itu, kebanyakan mereka juga tidak mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM),” terangnya.
Menurut dia, para orang tua harus bisa bersikap bijak dengan tidak memberikan akses kendaraan bermotor kepada anaknya. Para orang tua juga harus bisa mengawasi anaknya secara ketat.
“Jangan jadikan alasan dengan memberikan akses kendaraan bermotor merupakan bentuk dari rasa sayang kepada anak, karena hal itu justru membahayakan nyawa anak sendiri. Anak-anak itu belum cukup umur secara fisik dan emosi jadi sangat berbahaya bagi dirinya sendiri dan pengendara lain,” jelasnya.
Menurut dia, tidak ada alasan membiarkan anak-anak mengendarai sepeda motor, termasuk karena sekolahnya jauh. “Ini masalah nyawa yang tak bisa ditolerir, bukan persoalan ekonomis, efisien atau praktisnya,” tandasnya. (ant/rb)

Baca Juga:  Meresahkan, Gara-gara Suka 'Mejeng' Buaya 2,5 Meter Dipancing Pawang

Rate this article!
Tags:
author

Author: