Himbau RT Efektifkan Wajib Lapor

by -

PANGKALPINANG – Gubernur Bangka Belitung (Babel) Rustam Effendi mengimbau seluruh rukun tetangga (RT) untuk mengefektifkan sistem wajib lapor 2×24 jam bagi para tamu atau pendatang. “Mengefektifkan wajib lapor guna mengidentifikasi para pendatang yang biasanya membeludak setelah Lebaran Idul Fitri,” kata Rustam Effendi, Rabu (22/7).
Ia mengatakan RT/RW harus mendata pendatang untuk menekan tindak kriminalitas, kesenjangan sosial, pengangguran dan lainnya di daerah ini. “Ditakutkannya, pendatang yang mencari kerja malah menjadi pengangguran sehingga untuk bertahan hidup mereka melakukan perbuatan kriminal seperti mencuri dan sebagainya,” terangnya.
Untuk itu, kata dia, RT/RW untuk bergerak atau menjemput bola bila diketahui adanya penambahan penduduk di RT setempat, terlebihnya para pendatang yang ingin menetap lama. “Apabila sudah terdata maka akan memudahkan para aparat untuk menindaklanjuti tidakan kriminal yang dilakukan oleh masyarakat setempat,” jelasnya.
Saat ini, pihaknya melakukan koordinasi kepada RT untuk melakukan pendataan kepada siapa saja yang baru menetap di daerahnya masing-masing minimal 2×24 jam.
“Kita sebagai pemerintah tidak bisa melarang para pendatang dari daerah lain ke Bangka sebab kita masih dalam satu kesatuan negara, namun yang dapat kita lakukan adalah mendata mereka melalui RT setempat agar jika nantinya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dapat diketahui secara dini,” tandasnya. (ant/rb)