Himpaudi Miliki Peran Penting

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

GANTUNG- Keberadaan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) dinilai memiliki peranan penting dalam meneruskan informasi dari Dinas Pendidikan. Sebagai wadah, Himpaudi menaungi gugus yang tersebar di seluruh Desa.

Menurut Kepala Bidang PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim, Paryono, pembentukan himpunan di Kecamatan sangat membantu mengakomodir segala urusan dan meneruskan informasi yang disampaikan Dinas.

“Bagi dinas pendidikan, Himpaudi kecamatan lebih memudahkan menyampaikan informasi bagi layanan Paud,” ujar Paryono usai membuka musyawarah Kecamatan Himpaudi ke-III, Kecamatan Gantung dan Simpang Renggiang, Sabtu (7/2) pekan lalu.

Paryono menambahkan, setiap gugus mempunyai pusat kegiatan gugus ditiap-tiap Kecamatan. Disana, berbagai informasi saling dibagikan antar sesama pengajar guna meningkatkan kemampuan dalam mengelola Paud.
“Gugus itu kelompok pengajar Paud sebagai tempat sharing,” tukasnya.

Baca Juga:  Gangguan Katarak di Belitung Timur Masih Cukup Tinggi

Dijelaskan Paryono, layanan Paud sudah menyebar di seluruh Desa kecuali Desa Aik Madu yang baru akan berjalan pada tahun ajaran 2015-2016.

“Ini juga merupakan komitmen Provinsi untuk menuntaskan layanan Paud di Pedesaan,” kata Paryono.

Paryono juga menghimbau pengajar Paud jangan hanya hapal lagu yang diajarkan kepada anak usia dini. Terlebih, jika implementasi dilapangan justru dilanggar.
“Didalam setiap lagu, ada pesan moral. Jangan hanya hafal lagu namun implementasi dilapangan dilanggar, tetapi harus diikuti pendidik Paud,” harapnya.

Sementara itu, Ira Afriliana yang menjabat Bunda Paud menambahkan, kepengurusan Himpaudi terpilih harus memacu diri dalam membuat program yang menyentuh lingkungan anak, orang tua dan masyarakat.

Baca Juga:  Wabup Beltim Minta Kades Bangun Jamban

“Paud adalah awal pembentukan anak-anak, jembatan anak menuju sekolah dasar. Peran pendidik (Paud, red) Sangat besar pengaruhnya, selaku orang tua kedua dari anak-anak,” jelas Ira.
Selaku Bunda Paud, Ira menegaskan, tanggung jawab pendidikan adalah bersama. Keterlibatan guru, orang tua, masyarakat dan Pemerintah harus sejalan.

“Saya sangat mengharapkan pengurus dapat benar-benar bisa menjadi pendidik yang baik. Inilah bakti mereka, dengan keikhlasan mereka, dengan ilmu yang mereka miliki bisa jadi ladang amal kebaikan,” pesan Ira. (yud/feb)

Rate this article!
Tags:
author

Author: