HIV ADIS Masih Jadi Ancaman

by -

*Warga Diminta Waspada dan Jaga Perilaku Hidup Sehat

 

TANJUNGPANDAN-Penyakit HIV AIDS masih mengancam manusia di manapun berada, termasuk di Belitung. Karena itu, masyarakat diminta untuk terus bisa menjaga kondisi lingkungannya agar bisa terhindar dari penyakit yang mematikan dengan menyerang kekebalan tubuh manusia itu.

“Kita harus sadar betul HIV AIDS masih mengancam. Kita harus sadar penyakit ini sangat mematikan karena obatnya juga sangat sulit,’’ ujar  Kepala Bidang Penanggulangan Masalah Kesehatan (PMK) Maju Kitaren, kemarin dalam menyikapi Hari AIDS 1 Desember lalu.

Menurut Maju, HIV dikenal dengan human immunodeficiency virus infection dan AIDS artinya acquired immune deficiency syndrome. Penyakit ini sampai sekarang sangat ditakuti manusia di manapun berada .

Dijelaskan, di Kabupaten Belitung  penderita penyakit HIV AIDS mengalami penurunan. Pada tahun 2014  ditemukan kasus sebanyak 35 kasus HIV dan 18 kasus AIDS. Sedangkan tahun 2015 ditemukan kasus sebanyak 22 HIV dan AIDS 15 sampai bulan Desember.

Maju memaparkan, HIV adalah sejenis virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh (Imunitas). Akibatnya, tubuh menjadi lemah untuk melawan virus ini. Lantas, obat yang diminum pun harus rutin dan tepat waktu.

“Terlamat beberapa jam saja untuk minum obat bisa berbahayakan. Sebab, virus ini nantinya akan kebal terhadap obat. Selain itu, proses penyakit bias berubah menjadi (AIDS) dalam kurun waktu 5 sampai 15 tahun,”  jelasnya.

Menurutnya, masalah HIV AIDS Perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah dan masyarakat. Dua komponen ini harus bersama-sama menanggulangi permasalahan tersebut. “Jadi, kalau ada yang merasa curiga terkena maupun tertular penyakit segera memeriksakannya ke puskesmas maupun rumah sakit,’’ sarannya.

Untuk menaggulangi virus berbahaya ini, disarankan menjaga pola hidup sehat mulai dari makan makanan yang bergizi, tidak minum minuman beralkohol. Lantas, menjaga pola tidur serta melakukan hubungan seks yang aman termasuk tidak berganti-ganti pasangan.

Maju berharap di momen Hari AIDS dijadikan kesempatan untuk membangun kepedulian terhadap ODHA (Orang dengan HIV AIDS). Tujuannya agar mereka tidak merasa tertekan karena masih banyak orang yang peduli.(mg1)