HMI Dalam Waktu Dekat Geruduk DPRD Babel

by -

*Giliran SPPD DPRD Babel Dipertanyakan

PANGKALPINANG – Rencananya, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Bangka Belitung (Babel) dalam waktu dekat akan melakukan aksi damai di DPRD Bangka Belitung dan Kejati Babel. Hal ini berdasar hasil rapat bersama puluhan anggota dan pengurus cabang, komisariat serta kader HMI cabang Babel, Selasa (28/3) malam.

Dalam kesempatan itu, mereka akan mengangkat isu surat perintah perjalanan dinas (SPPD) fiktif yang merugikan keuangan daerah mencapai Rp1,3 milliar pada 29 Juli 2016 lalu. Sebelumnya, yang teranyar soal SPPD fiktif pada 6, 7 dan 8 Februari 2017 kerugian keuangan negara mencapai Rp300 juta ditemukan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) kota Pangkalpinang.

Ketua Umum HMI cabang Babel, Anja Kusuma Atmaha itu diketahui sesuai data yang ia peroleh dari berbagai sumber. “Kita akan mengangkat kasus-kasus lama yang telah lama hilang di permukaan dan tidak ada tindaklanjutnya atau dilakukan penyelidikan. Padahal, kasus SPPD fiktif telah merugikan keuangan daerah sebesar Rp1,3 miliar dan ditemukan kerugian sementara keuangan negara Rp300 juta oleh Kejari kota Pangkalpinang. Namun, hingga saat ini belum ada kejelasan dari pihak kejati maupun DPRD itu sendiri,” tegasnya.

Dia menyayangkan, ketika awak media menanyakan persoalan SPPD fiktif kepada Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya namun jawabannya ‘no comment’ atau tidak tahu menahu masalah itu. “Mari kita bersama melakukan aksi ini di Kejati untuk mempertanyakan hal ini dan kemudian melanjutkan aksi di gedung DPRD Bangka Belitung,” ajaknya.

Anja meminta, terkhusus pada kader HMI untuk mengembalikan nalar kritis mereka sebagai mahasiswa dan memberlakukan fungsi mahasiswa sebagai agen kontrol dengan maksimal. Juga pengabdian kepada masyarakat di kedepankan.”Harapan kita untuk aksi damai ini dapat secepatnya di usut tuntas mengenai SPPD fiktif tersebut,”tukas Anja.

Setelah itu, hasil rapat pun telah disepakati bersama bahwa dalam waktu dekat HMI Cabang Babel akan mengeruduk Kejati dan DPRD Provinsi BabelĀ  yang akan mengerahkan massa sebanyak puluhan mahasiswa yang tergabung dalam organisasi kemahasiswaan HMI cabang Babel.(tob)