Horee.. Gaji Pegawai Kontrak Bangka Naik

by -
SERAHKAN SK - Bupati Bangka Tarmizi Saat menyerahkan SK pada pengambilan sumpah 210 PNS di gedung Sepintu Sedulang Sungailiat, kemarin (19/5).
SERAHKAN SK – Bupati Bangka Tarmizi Saat menyerahkan SK pada pengambilan sumpah 210 PNS di gedung Sepintu Sedulang Sungailiat, kemarin (19/5).

SUNGAILIAT – Bupati Bangka Tarmizi Saat mengatakan, jumlah pegawai Pemerintah Kabupaten Bangka saat ini sudah mencukupi dan tidak mengalami kelebihan seperti yang terjadi di daerah lain. Menurutnya, salah satu kabupaten, yakni kabupaten Bandung mengalami kelebih pegawai hingga saat ini berjumlah sekitar 25 ribu pegawai.

“Saya sempat di tawarkan wakil Bupati Bandung sekitar 3 ribu pegawai bisa ditempatkan di Kabupaten Bangka, saya rasa Kabupaten Bangka pegawainya sudah cukup,” kata Tarmizi Saat, Kamis (19/5) usai pengambilan sumpah 210 PNS di gedung Sepintu Sedulang Sungailiat.

Dijelaskannya, APBD Kabupaten Bangka saat ini sangat sehat, karena belanja publik lebih besar bila dibandingkan dengan belanja pegawai. Diharapkan kepada pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka untuk menjalankan tugas sesuai dengan fungsinya sebagai pelayan masyarakat, untuk itu harus bersikap melayani bukannya minta dilayani.

Untuk meningkatkan pelayanan masih dibutuhkan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka diantaranya akan dilakukan penerimaan sekitar 200 guru, 50 tenaga Tagana dan sekitar 50 Sarjana Pertanian. Menyinggung tentang insentif pegawai dikatakan Bupati Bangka, untuk insentif PNS tidak mengalami kenaikan, karena melihat kondisi keuangan daerah. “Yang bakal naik yakni gaji pegawai kontrak pada tahun 2016,“ pungkas Bupati.

Terkait dengan pengambilan sumpah, Tarmizi Saat mengharapkan PNS memiliki arsip kepegawaian yang lengkap, sehingga bila dibutuhkan tidak menjadi masalah dikemudian hari, termasuk syarat bersumpah bagi seorang PNS. “Seperti PNS yang baru diambil sumpah setelah lama menjadi PNS, ini harus dilakukan karena merupakan kewajiban,” tandasnya. Diharapkannya, PNS formasi umum tahun 2014 dapat menjalankan tugas dengan amanah dan disiplin sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

PNS yang diambil sumpah meliputi 52 PNS formasi umum tahun 2014, serta 158 PNS yang berlum pernah diambil sumpah saat menjadi PNS. Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bangka Surtam, menjelaskan, bersumpah bagi seorang PNS merupakan suatu kewajiban, sesuai dengan PP No. 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

“Bagi seorang pegawai tidak bersumpah ketika diangkat jadi PNS dapat dikenakan sanksi disiplin yakni hukuman sedang,“ ujar Surtam. Menurutnya, PNS yang belum mengambil sumpah dari CPNS menjadi PNS dapat dikarenakan berhalangan waktu itu. Dikatakannya, sesuai dengan surat yang kami sampaikan kepada Kepala SKPD untuk PNS yang belum mengambil sumpah dapat bersumpah pada kesempatan yang diberikan saat pengambilan sumpah 52 PNS formasi umum tahun 2014 disikapi dengan baik oleh para PNS, terbukti banyaknya PNS yang mengambil sumpah.

Diantara PNS lama yang mengambil sumpah terdapat mereka yang sudah menduduki jabatan eselon, serta dengan masa kerja hingga lebih 20 tahun.(rb)