Hotel-Hotel di Belitung Gunakan Sumber Dasar Konsumsi Impor? Jika Iya, Anggota Dewan Ini Saran Optimalkan Ekonomi Lokal

by -
Hotel-Hotel di Belitung Gunakan Sumber Dasar Konsumsi Impor
Beliadi, S.IP

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Beliadi, S.IP, berharap Hotel-Hotel di Belitung menggunakan Sumber Dasar Konsumsi Impor berharap, hotel-hotel di Belitung bisa bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Belitung untuk mengisi kebutuhan hotel seperti sayur-mayur, beras, daging (ayam dan sapi), dan kebutuhan lainnya dari hasil masyarakat setempat.

Dari informasi yang diperoleh, Beliadi menduga hotel-hotel di Belitung masih mengandalkan pasokan dari luar daerah. Padahal, menurut Politisi Gerindra ini, hampir semua yang dibutuhkan hotel ada di Pulau Belitong.

“Sebut saja sayur-mayur, daging (sapi), ikan, bahkan gula pun ada. Saya lihat cukup banyak hotel yang menggunakan gula aren sebagai bahan pemanis. Gula aren di Belitung kan bisa diproduksi dalam bentuk serbuk,” ujar ketua DPC Gerindra Beltim ini kepada belitongekspres.co.id, Jumat (29/11/2019).

Bahkan, lanjutnya, kopi asli Belitung pun sudah ada.

“Kita lihat saja pada saat breakfast (makan pagi), ada berapa macam menu yang disajikan, 90 persennya ada di Belitung,” tukasnya.

Menurut Beliadi, jika dinas terkait mengomunikasikan dengan pihak hotel agar membeli dari Belitung, tentu ini akan menjadi sumber ekonomi baru bagi masyarakat lokal

“Dari informasi yang saya dengar, baru telur yang mereka beli dari peternak,” ujarnya.

Satu contoh lagi, kata Beliadi, gula sachet-an di hotel. Jika ada kerjasama dengan UKM, akan luar biasa memberi dampak ekonominya. Tinggal disesuaikan. Misal, ia mencontohkan, hotel mana yang pesan, agar di bungkusnya ada nama hotel tersebut, namun diproduksi dari UKM Belitung.

Sejauh ini ia melihat baru oleh-oleh khas Belitung saja yang dikerjasamakan atau didorong ke UKM, dan belum menyentuh keperluan dapur hotel secara menyeluruh.

Beliadi yakin, jika dinas terkait mampu mengomunikasikan ini dengan baik, tentunya pihak hotel pun akan sangat senang. “Harga pasti lebih murah jika membeli produk lokal seperti sayur-mayur, ikan, daging, gula, rempah-rempah, kopi dan lain sebagainya,” tandasnya.

Editor: Subrata
Reporter: rel/red