Hujan Deras, Sampah Penuhi Siburik

by -

*Timbulkan Bau dan Penyakit, DKPP Selalu Perhatikan Lokasi

foto A- sampah siburik hujan deras - Copy

TANJUNGPANDAN- Hujan deras yang turun di Tanjungpandan dan sekitarnya, Senin (23/11), kemarin membuat Siburik penuh sampah. Itulah pemandangan yang terlihat saat Belitong Ekspres melihat lokasi Sungai Siburik.

Kondisi sampah yang memenuhi beberapa titik di Siburik dikeluhkan warga, khususnya yang melintas di dekat lokasi. Selain merusak pemandangan tumpukan sampah menimbulkan aroma tidak sedap.

“Perlu keseriusan pemerintah dalam mengatasi persoalan sampah ini,’’ ujar Henri( 34Tahun), asal Jalan Baru.

Henri merasa sangat prihatin dengan banyakanya tumpukan sampah yang ada di Sungai Siburik. Ia juga heran karena sungai Siburik berada kawasan kota dan tidak jauh dari kantor-kantor pemerintahan Pemkab Belitung, termasuk Dinas Kebersihan, Pasar dan Pertamanan (DKPP).  “Sampah yang ada Sungai Siburik menumpuk  bau pula,” keluhnaya.

Hendri mengatakan, kejadian ini seharusnya tidak terjadi berulang-ulang setiap tahunnya. “Kalau musim hujan pasti terjadi tumpukan sampah di sudut-sudut Sungai Siburik. Seharusnya ini menjadi perhatian khusus bagi pemerintah, karena kalau dibiarkan tentu dapat menyebapkan banjir dan menimbulkan penyakit,’’ ungkap Henri dengan sedikit kesal.

Terpisah Kepala Bidang Kebersihan DKPP Belitung Sumarno mengatakan, pihaknya terus melakukan upanya kebersihan di kawasan Sungai siburik. ”Setiap musim penghujan, hampir setengah mobil truk sampah kami angkat dari Sungai Siburik. Seharusnya ini menjadi pekerjaan bersama dalam hal ini Dinas Pengairan tingkat II serta Dinas Pekerjaan umum (PU),’’ ungkap Suamrno kepada BE, Senin(23/11) kemarin, di ruang kerjanya.

Lebih jauh Sumarnno menjelaskan, sejumlah kegiatan atau program yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah sampah ini yakni pengerukan dan penggalian sungai-sungai atau got yang ada di beberapa jalan protokol. Di antaranya Jalan Sudirman, Jalan Pantai dan Jalan R.E Martadinata. Selain itu, sejumlah material bangunan seperti tumpukan-tumpukan pasir agar ditempatkan ke lokasi aman.(mg1)