Hujan Intensitas Tinggi hingga Awal Mei

by -

TANJUNGPANDAN-Tingginnya curah hujan di Belitung diprediksi masih akan berlangsung hingga awal Mei 2016 mendatang. Prakiraan itu diungkapkan Kepala Stasiun Meteologi dan Klimatologi Tanjungpandan Ridwanto, Selasa (26/4) kemarin.
Ridwanto mengatakan, sebelumnya hujan berintensitas tinggi di Indonesia diprediksi berakhir hingga awal April 2016. Namun, di Belitung mengalami kemunduran hingga awal Mei 2016 mendatang.
“Hampir di seluruh Indonesia, kondisinya sudah stabil. Cuaca hujan kembali ke intensitas rendah. Namun, khusus di Belitung mengalami kemunduran,” kata Ridwanto, kepada Belitong Ekspres.
Dijelaskan, kemungkinan besok (hari ini,red) hingga pekan pertama bulan Mei, kondisi hujan masih intensitas tinggi. Dan di kawasan dataran rendah seperti di Kampong Amou bisa saja diprediksi terjadi kondisi air yang melimpah hingga potensi banjir.
“Setelah pekan pertama Bulan Mei, kondisinya akan kembali normal. Dan musim hujan di Belitung kemungkinan hingga ahkir Bulan Juni 2016. Setelah itu memasuki musim kemarau,” jelas Ridwanto.
Meski kondisi di Belitung, khususnya Tanjungpandan masih berintesitas tinggi, itu tidak mempengaruhi aktivitas penerbangan di Bandara HAS Hanandjoeddin. “Meski kondisi hujan dengan intensitas tinggi, jarak pandang penerbangan masih normal. Yakni kisaran 1500 hingga 2000 meter, sehingga tidak ada penerbangan dibatalkan akibta belakangan ini,” pungkasnya. (kin)