Ide Gila, Mazda CX-5 Jadi Mobil Off Road

by -
Ide Gila, Mazda CX-5 Jadi Mobil Off Road
Tampilan mobil CX-5 yang disulap menjadi mobil off road. (Istimewa)

belitongekspres.co.id – Seorang siswa di Nihon Automobile College (NATS) Jepang mengubah Mazda CX-5 generasi pertama menjadi mobil off-road full-blown yang siap untuk bersaing di Reli Dakar. Dinamakan CX-Runner, model unik akan memulai debutnya di Tokyo Auto Salon membuka pintunya pada Januari 2020.

Tokyo Auto Salon adalah event tahunan di negara Jepang setara dengan acara SEMA. Siswa dari NATS tersebut memulai proyek CX-Runner dengan menggunakan CX-5 buatan 2012 yang meninggalkan sesedikit mungkin bagian aslinya.

Memang proyek ini belum selesai, tampak sketsa yang dikeluarkan menunjukkan crossover dan akan menerima perubahan lengkungan roda, tempat roll eksternal, suspensi dan bumper depan yang lebih pendek yang meningkatkan sudut pendekatan.

Ide Gila, Mazda CX-5 Jadi Mobil Off Road - 2
Penggarapan Mazda CX-5 generasi pertama menjadi mobil off-road. (Autoblog)

Foto-foto yang dipublikasikan di halaman Facebook resmi sekolah menunjukkan bahwa proyek ini berjalan dengan baik. Perubahan bodi dibuat dengan bahan komposit yang terlihat seperti Kevlar. Seperti dilansir pada Autoblog pada lengkungan roda belakang diperlukan ini untuk menutup pintu belakang. Rupanya CX-Runner hanya mempunya dua buah kursi yaitu pengemudi dan penumpang.

Tokyo Auto Salon akan membuka pintunya pada 10 Januari, sehingga para siswa punya waktu untuk menyelesaikan body kit yang dibuat khusus. Yaitu memasang suspensi, mengecat CX-Runner, dan menyesuaikan dengan roll cage.

Mereka tidak hanya melakukan ini untuk bersenang-senang. NATS mulai menawarkan kelas penyesuaian pada tahun 1998, dan membangun sebuah mobil tuner adalah salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh para modifikator agar dapat lulus.

Dengan pemikiran itu, tidak mengherankan bahwa NATS akan kembali hadir di Tokyo Auto Salon edisi 2020. Selain off-roader CX-5, para siswanya sedang membangun enam mobil khusus termasuk roadster Nissan 370Z yang menggunakan fasia depan dan belakang yang bersumber dari GT-R. (jpg)

 

Artikel ini sudah dimuat di Jawapos.com dengan judul Ide Gila, Mazda CX-5 Jadi Mobil Off Road