Ikal Sang Pemimpi Ingin Terjun di Seni

by -

*Terinspirasi Andrea Hirata

GANTUNG-Di tengah ramainya suasana di Museum Kata Andrea Hirata di Jalan Laskar Pelangi Desa Lenggang Kecamatan Gantung Belitung Timur (Beltim), nampak sosok pemuda yang pada tahun 2009 lalu sempat menjadi pemeran utama untuk memerankan Andrea Hirata saat Remaja dalam film “Sang Pemimpi.” Dia adalah Vikri Setiawan atau Ikal “Remaja.”

Vikri yang dijumpai Belitong Ekspres Jumat (4/9) kemarin, nampak berbeda disbanding saat dirinya memerankan tokoh Ikal pada film Sang Pemimpi. Nampak postur badan yang sudah mekar dan wajah yang makin dewasa.
“Alhamdulillah, saat ini Saya sehat dan kini sibuk untuk menyusun skripsi. Keseharian Saya saat ini memang dekat dengan bang Andrea Hirata, jika beliau ada di Indonesia, saya selalu dengan beliau, “Aku pemuda yang kini berstatus Mahasiswa Universitas Sahid Jakarta Jurusan Akuntansi.

Kehadiran Vikri di Museum Kata kemarin, adalah waktu liburannya bersama Andrea Hirata. Vikri alumni SMAN 1 Kelapa Kampit, mengaku setelah usai kuliah ingin terus bergelut di bidang seni, meski jurasan kuliahnya kini akutansi.

“Secara pribadi sih, memang mungkin belum ada akan kemana setelah kuliah nanti. Namun, karena Saya sering ikut bang Andrea, mungkin Saya akan tetap bergelut di dunia seni nantinya,’’ ujar Pria yang kini menginjak usia 21 tahun.

Saat ditanya apakah akan kembali dan ingin menjadi aktor di film, Vikri hanya tersenyum simpul. “Ditawari main film sih, sejak usai di Sang pemimpi lalu, dan juga sempat mendapatkan job main film. Namun waktu itu Saya masih fokus di kuliah, dan saat itu saya tolak, dan mungkin ke depan atau nantinya bisa kembali terjun ke dunia perfilman Indonesia. Karena hingga kini Saya tetap fokus ke kuliah. Jika ada tawaran atau pun job tersebut, Saya tetap akan berkonsultasi dengan bang Andrea Hirata,” terang Vikri.

Ia pun mengaku sejak usai berperan di Sang Pemimpi, dirinya sangat jarang bertemu dengan sahabat karibnya di film tersebut, mereka adalah Rendy Ahmad (Arai Remaja), Azwir Fitrianto (Jimbron Remaja) yang kini masing masing memiliki kesibukan.

“Paling beberapa waktu lalu pernah bertemu dengan Rendy, Saat ia ada di Jakarta, dan itupun hanya sebentar. Sedangkan Azwir juga sangat jarang bertemu,” kilas Vikri.

Sang Pemimpi adalah sebuah film Indonesia yang diitayangkan di seluruh boskop di Indonesia pada akhir tahun 2009 lalu. Film ini diadaptasi dari tetralogi Laskar Pelangi kedua, yang juga merupakan karya Andrea Hirata. Film ini disutradarai Riri Reza dengan produser Mira Lesmana.

Film ini sempat menjadi film pembuka dalam Jakarta Internasional Film Festival (JiFFest) tahun 2009. Lantas, menjadi film Indonesia pertama sebagai pembuka sejak JiFFest pertama pada tahun 1999.(feb)