Ikan Asin Belitong, Juara!

by -
Ikan Asin Belitong, Juara!
Tim Fishbox.Id, yang menjuarai ajang Tinskubator Idea Challenge 2020.

belitongekspres.co.id, FISHBOX.ID asal Belitung juarai ajang Tinskubator Idea Challenge 2020 yang diselenggarakan PT Timah Tbk. Meski menjadi satu-satunya peserta dari Belitung, namun justru berhasil menjadi yang terbaik.

Kompetisi ini diselenggarakan oleh PT Timah Tbk melalui program Tinskubator yang berfokus pada inkubasi pengembangan startup serta UMKM. Kegiatan ini bekerja sama dengan penggiat Ekosistem Indonesia, guna mencari bisnis yang inovatif di Bangka Belitung serta wilayah operasional PT. Timah Tbk. Dengan mengangkat tema kearifan lokal untuk menjadi solusi kreatif terhadap masalah yang ada di suatu daerah khususnya Bangka Belitung.

Sebelumnya, sebanyak 10 tim terpilih yang mengikuti ajang Tinskubator yang diselenggaraan PT Timah Tbk mempresentasikan hasil inovasi dan ide bisnis yang mereka gagas di hadapan tiga juri, di TINS Millenial Hub, Selasa (11/8) kemarin.

10 tim tersebut merupakan seleksi dari sebanyak 57 peserta yang mendaftar untuk mengikuti Program Tinskubator, namun berdasarkan hasil penjurian proposal bisnis yang diunggah para peserta, ada 10 tim terbaik yang dipilih.

Fishbox.id satu-satunya perwakilan Belitung dan meraih juara pertama, sedangkan juara kedua oleh karang hias, dan tumpah.id juara ketiga. Selain tiga tim terbaik ini, ada lima tim lainnya yang juga berhasil untuk mengikuti inkubasi program Tinskubator yang diselenggarakan PT Timah, Yakni, Babel Marketer, Ecoplanstic, Ayo Speakup, Penyedia Layanan Desain dan Pembuatan Master Produk, dan Babelanja.

Setelah melalui proses penilaian panjang, delapan tim ini akan dibina secara intens oleh PT Timah Tbk agar nantinya ide yang dimiliki dapat direalisasikan sehingga berdampak pada ekonomi sosial masyarakat.

“Pendaftar ada 57 peserta, lalu dipilih 10 peserta terbaik dan dari 10 ternyata ada 8 peserta yang layak untuk kita inkubasiĀ  merealisasikan ide-ide mereka. Tinskubator ini kan wadah bagi para entrepreneur start up untuk mengembangkan produk maupun ide mereka,” kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan, berdasarkan keterangan tertulisnya,Rabu (12/8).

Anggi menjelaskan, ada beberapa tahapan yang akan dilalui kedelapan peserta yakni ignition, workshop, networking, bootcamp, hackathon, dan Incubation. “Selama enam bulan ke depan mereka akan dibina, bahkan nanti akan mendatangkan mentor-mentor yang memang sesuai kebutuhan mereka untuk mengembangkan kemampuan para startup ini,” ujarnya.

PT Timah, kata Anggi terus berkomitmen untuk mendukung kemunculan startup baru di Babel, dengan harapan nantinya dapat memberikan dampak sosial ekonomi baik dari produk maupun inovasi yang dilakukan para peserta.

“Kita berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat sekitar tambang, salah satunya melalui Tinskubator ini. Kita berharap nanti dengan kemunculan startup baru ini dapat memacu semangat yang lainnya untuk juga berinovasi,” ujarnya.

Sementara itu, Chief Executive Officer Fishbox.id Naufal Bintang Akbar mengatakan Fishbox.id berhasil lolos dalam kategori 10 besar dengan membuat proposal bisnis yang bertema di bidang kelautan. Produk ikan asin premium asli Belitong di perlombakan sebagai ide bisnis startup melalui semangat kearifan lokal.

Pada Tinskubator Idea Challenge 2020 mereka mempresentasikan ide bisnis industri ikan asin premium dengan mesin pengering solar cell serta semangat membantu produktifitas dan keuntungan nelayan di desa Tanjung Binga.

“Fishbox.id sendiri merupakan wujud atas solusi permasalahan yang ada pada industri ikan asin di Desa Tanjung Binga juga sebagai startup yang membuat produk ikan asin menjadi naik kelas. Tim yang terdiri dari tiga orang ini, yakni, Naufal, Indah dan Andre,” kata Naufal Bintang Akbar kepada Belitong Ekspres, Kamis (13/8) kemarin.

Dikatakan Naufal, bahwasannya walaupun sebagai satu satunya finalis yang mewakili Belitung dan melakukan presentasi secara online melalui aplikasi zoom. Tak disangka hasil dari keputusan juri pada Rabu (12/08), yang juga bertepatan dengan hari UMKM Nasional, ditetapkan mereka sebagai juara pertama, diikuti juara kedua oleh karang hias dan tumpah.id juara ke tiga.

“Alhamdulillah, kita lihat di Instagram PT Timah, bahwa Fishbox.id juara, Fishbox hadiahkan Belitung dengan menjuarai idea Challenge Tinskubator PT Timah Tbk,” terangnya dengan bangga kepada Belitong Ekspres.

Naufal menjelaskan, Fishbox.id berhasil menjadi pemenang pertama setelah melewati berbagai rangkaian penyeleksian oleh 3 juriĀ  yang terdiri dari internal PT. Timah dan praktisi di bidang startup yakni Direktur Keuangan PT Timah Tbk, Wibisono, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung, Dr Reniati dan Co-Founder sekaligus CEO Nano Center Indonesia, Suryandaru.

“Penilaian juri berdasarkan beberapa kriteria diantaranya konsep dan penguasaan ide materi, dampak dan manfaat terhadap sosial ekonomi, pangsa pasar serta keunikan ide dan inovasi yang dimiliki peserta,” bebernya.

Kemudian Chief Production officer Fishbox.id Andre Suhendar menerangkan mengenai Fishbox.id yakni melalui pengolahan ikan asin yang berbeda dari ikan asin lainnya yakni dengan menggunakan mesin pengering bertenaga solar cell sehingga menghasilkan ikan asin higienis dan terjaga dari kontaminasi bakteri.

“Tujuan dari Fishbox.id ini adalah membuat hasil tangkapan nelayan menjadi produk olahan ikan asin yang bernilai tinggi dengan peningkatan harga jual dan segmentasi pasar yang lebih besar lagi sehingga masyarakat nelayan dapat menerima pendapatan yang lebih baik,” terang pemuda lulusan Yogyakarta itu.

Untuk langkah kedepannya dijelaskan Chief Marketing Officer dari fishbox.id Indah bahwa saat ini fishbox.id sedang penjajakan pasar global, walau masih berusia 2 bulan. Pada masa uji pasar, respon konsumen ternyata sangat baik. “Tentu masih banyak PR yang harus kami selesaikan. Kami berharap dengan di inkubasi oleh Tinskubator, Fishbox.id akan menjadi perusahaan yang besar di masa depan,” tukas Indah. (dod)